Perolehan angka kredit dosen merupakan komponen penting untuk menjadi evaluasi dosen terhadap kinerja didalam tridharma perguruan tinggi, yang meliputi pendidikan dan pengajaran, pengabdian masyarakat, penelitian, dan penunjang.Untuk mengukur angka kredit dosen, menggunakan data awal BKD dari dosen yang bersangkutan. Poin-poin yang dinilai pada angka kredit dosen ialah tridharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, serta faktor penunjang lainnya. Untuk menilai dan mengevaluasi perolehan angka kredit dosen, diperlukan data dan informasi yang akan digunakan untuk mendapatkan knowledge. Knowledge akan digunakan untuk membantu evaluasi, pengambilan keputusan, dan pembuatan proses bisnis.
Pengolahan data dan informasi menggunakan menggunakan metode knowledge conversion 5C4C, dengan 5C yaitu proses mengolah data menjadi informasi, dengan tahapan Contextualized, Categorized, Calculated, Corrected, dan Condensed.4C yaitu proses pengolahan informasi menjadi knowledge, dengan tahapan Comparison, Consequences, Connection, dan Conversation. Untuk mempermudah proses koreksi dan pemetaan proses konversi, maka proses konversi dipetakan dalam bentuk struktur logika.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan prediksi terhadap pemenuhan angka kredit dosen dan evaluasi terhadap dosen berdasarkan kluster dosen. Kesimpulan dari penelitian ini ialah menghasilkan prediksi terhadap perolehan angka kredit dosen dan rekomendasi untuk tiap kluster dosen agar dapat mempersiapkan kenaikan JFA dosen.
knowledge conversion, 5C4C, struktur logika, JFA