Meningkatnya perkembangan bisnis money remittance di Indonesia membuat terjadinya
persaingan yang ketat diantara beberapa perusahaan penyedia jasa layanan tersebut.
Salah satunya merupakan PT. Telkom dengan produk Delima. Di dalam pasar bisnis
money remittance yang ketat ini, PT. Pos Indonesia dan Western Union muncul sebagai
merek yang mampu mendominasi kegiatan aktivitas remittance di tanah air. Sebagai
produk baru, agar mampu bersaing, PT. Telkom harus mengetahui persepsi pelanggan
dari produk Delima, serta perbandingan dengan merek-merek sejenis untuk mengetahui
apakah terjadi perbedaan antara strategi positioning perusahaan dengan gambaran
produk yang ada dalam benak pelanggan
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan peta persaingan serta positioning merek-merek
penyedia jasa layanan money remittance berdasarkan atribut-atribut yang
diperoleh berdasarkan persepsi dan preferensi pelanggan
Dari hasil identifikasi atribut didapat sebanyak 39 atribut kebutuhan, yang selanjutnya
di faktorkan menjadi 8 atribut yang merupakan kumpulan dari beberapa atribut
kebutuhan. Kedelapan atribut itu adalah Pelayanan & Customer Service; Kemudahan
Registrasi dan Transaksi; Kecepatan Layanan; Tarif & Promosi; Feature, Teknologi, &
Realibilitas Merek; Jangkauan Layanan; Keamanan; Brand Effect. Atribut-atribut
tersebut berpengaruh dalam analisis data persepsi dan preferensi pelanggan yang
menghasilkan perceptual map. Perceptual map hasil analisis data persepsi pelanggan
menggambarkan posisi masing-masing merek dalam suatu peta spasial dimana dapat
mendeskripsikan dengan jelas peta persaingan antar merek-merek tersebut. Perceptual
map juga menggambarkan atribut-atribut mana saja yang menjadi keunggulan suatu
merek berdasarkan data preferensi pelanggan
Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa Delima dipersepsikan memiliki
kemiripan dengan Wesel pos dari PT. Pos Indonesia dan Delima dipreferensikan lebih
baik pada atribut Kemudahan Registrasi dan Transaksi. Dengan hasil ini, terjadi
perbedaan dengan atribut existing yang merupakan keunggulan Delima yaitu Cepat,
Handal, Terpercaya, Jangkauan Layanan. Oleh karena itu PT. Telkom perlu mengkaji
atribut-atribut apa saja yang perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya dan atribut apa
saja yang dipertahankan menjadi keunggulan untuk mampu bersaing di bisnis money
remittance perceptual map, positioning, multidimensional scaling. persepsi, preferensi,