ANALISIS POSITIONING LAYANAN DELIMA PT. BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN MULTIDIMENSIONAL SCALING

Jatmikowidito P

Informasi Dasar

80 kali
112080154
003
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Meningkatnya perkembangan bisnis money remittance di Indonesia membuat terjadinya persaingan yang ketat diantara beberapa perusahaan penyedia jasa layanan tersebut. Salah satunya merupakan PT. Telkom dengan produk Delima. Di dalam pasar bisnis money remittance yang ketat ini, PT. Pos Indonesia dan Western Union muncul sebagai merek yang mampu mendominasi kegiatan aktivitas remittance di tanah air. Sebagai produk baru, agar mampu bersaing, PT. Telkom harus mengetahui persepsi pelanggan dari produk Delima, serta perbandingan dengan merek-merek sejenis untuk mengetahui apakah terjadi perbedaan antara strategi positioning perusahaan dengan gambaran produk yang ada dalam benak pelanggan

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan peta persaingan serta positioning merek-merek penyedia jasa layanan money remittance berdasarkan atribut-atribut yang diperoleh berdasarkan persepsi dan preferensi pelanggan

Dari hasil identifikasi atribut didapat sebanyak 39 atribut kebutuhan, yang selanjutnya di faktorkan menjadi 8 atribut yang merupakan kumpulan dari beberapa atribut kebutuhan. Kedelapan atribut itu adalah Pelayanan & Customer Service; Kemudahan Registrasi dan Transaksi; Kecepatan Layanan; Tarif & Promosi; Feature, Teknologi, & Realibilitas Merek; Jangkauan Layanan; Keamanan; Brand Effect. Atribut-atribut tersebut berpengaruh dalam analisis data persepsi dan preferensi pelanggan yang menghasilkan perceptual map. Perceptual map hasil analisis data persepsi pelanggan menggambarkan posisi masing-masing merek dalam suatu peta spasial dimana dapat mendeskripsikan dengan jelas peta persaingan antar merek-merek tersebut. Perceptual map juga menggambarkan atribut-atribut mana saja yang menjadi keunggulan suatu merek berdasarkan data preferensi pelanggan

Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa Delima dipersepsikan memiliki kemiripan dengan Wesel pos dari PT. Pos Indonesia dan Delima dipreferensikan lebih baik pada atribut Kemudahan Registrasi dan Transaksi. Dengan hasil ini, terjadi perbedaan dengan atribut existing yang merupakan keunggulan Delima yaitu Cepat, Handal, Terpercaya, Jangkauan Layanan. Oleh karena itu PT. Telkom perlu mengkaji atribut-atribut apa saja yang perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya dan atribut apa saja yang dipertahankan menjadi keunggulan untuk mampu bersaing di bisnis money remittance perceptual map, positioning, multidimensional scaling. persepsi, preferensi,

Subjek

ANALYSIS
ANALYSIS, Skripsi, RESEARCH,

Katalog

ANALISIS POSITIONING LAYANAN DELIMA PT. BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN MULTIDIMENSIONAL SCALING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Jatmikowidito P
Perorangan
Dra. Nurul Hermina, MM; Sari Wulandari, ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini