Dalam era globalisasi ini perubahan-perubahan terjadi dengan sangat cepat, demikian
pula halnya dengan dunia industri. Hanya perusahaan yang memiliki kinerja yang baik yang
mampu menghadapi perubahan yang terjadi secara terus menerus yang mampu bersaing dan
berkembang. Kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dan menyikapi perubahan tersebut
merupakan salah satu daya saing perusahaan. Salah satu elemen yang menjadi kunci
keberhasilan suatu perusahaan dalam mengantisipasi dan menyikapi perubahan tersebut adalah
faktor sumber daya manusia. Karena itu pengelolaan sumber daya manusia merupakan faktor
yang perlu mendapat perhatian khusus dalam mencapai kinerja perusahaan yang baik.
Menyadari begitu besarnya pengaruh pegawai terhadap perusahaan maka sangat penting bagi
pihak manajemen untuk memahami faktor-faktor yang mampu meningkatkan kepuasan kerja
pegawai.
Penelitian dilakukan di PT.Yamaha Indonesia Motor Mfg. Dalam penelitian ini,
dilakukan identifikasi varibel-variabel yang mempengaruhi kepuasan kerja pegawai.
Pengumpulan data primer dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada responden.
Penyebaran kuisioner dilakukan dengan cara sensus, yang berarti kuisioner tersebut disebarkan
kepada semua pegawai.
Pengukuran kepuasan kerja pegawai dilakukan dengan menggunakan Employee
Satisfaction Index (ESI). Untuk mengetahui kesenjangan antara tingkat kepentingan dan
kepuasan pegawai terhadap suatu variabel digunakan Analisis Gap, dan untuk menentukan
variabel kepuasan kerja yang harus mendapatkan prioritas perbaikan digunakan Analisis Peta
Kuadran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kepuasan kerja pegawai PT.Yamaha
Indonesia Motor secara keseluruhan yaitu sebesar 63.509%, yang berarti tingkat kepuasan
pegawai terhadap aspek-aspek kerja perusahaan sudah baik. Dibandingkan dengan dinas bagian
lainnya, Dinas Bagian Logistik memiliki tingkat kepuasan tertinggi dengan indeks kepuasan
sebesar 66.520%. Jika dilihat dari nilai rata-rata gap yang secara keseluruhan masih negative,
berarti masih terdapat variabel dimensi kerja yang harus diperbaiki untuk dapat memenuhi
harapan pegawai.
Employee Satisfaction Index, Pengukuran Kepuasan Kerja Karyawan