Pengukuran Tingkat Kematangan dan Kinerja Pada Incident Management Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library V.3 (ITIL V.3) (Studi Kasus : iGracias Telkom University)

Jessica Miranda

Informasi Dasar

105 kali
113104183
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dewasa ini, perkembangan teknologi informasi (TI) sangatlah pesat tak terkecuali

pada organisasi pendidikan Telkom University (Tel

U). Tel

U membangun Direktorat Sistem Informasi ( SISFO ) untuk memberikan layanan infrastruktur teknologi informasi, layanan interkoneksi (intranet dan internet), layanan data dan

sistem informasi (aplikasi sistem informasi akademik, non

akademik maupun pendukung), dan layanan komputasi sebagai strategic tools untuk berjalannya proses bisnis di Telkom University[7].
Layanan terb esar yang sedang dikembangkan oleh Direktorat SISFO adalah

iGracias Tel

U. Salah satu sasaran mutu dalam operasional sistem informasi ini adalah t erselesaikannya keluhan atau revisi fungsionalitas fitur aplikasi sistem informasi dalam waktu maksimal 3 (tig a) hari kerja, minimal 90% dari semua keluhan yang masuk [7]. Untuk mencapai target tersebut, maka Direktorat SISFO khususnya divisi OPSI harus memiliki manajemen insiden yang baik.
Oleh karena itu, dilakukanlah pengukuran terhadap tingkat kematangan dan ki

nerja pada manajemen insiden iGracias Tel

U untuk mengetahui sejauh mana kesiapan divisi OPSI dalam menangani insiden yang ada dan seberapa baik kinerja yang telah dilakukan selama ini. Pengukuran tersebut dilakukan dengan menggunakan pedoman best practice ITIL V.3 subdomain incident management karena ITIL V.3 menyediakan prosedur d alam penerapan manajemen pelayanan teknologi informasi agar sesuai dengan tujuan bisnis.
Secara keseluruhan, hasil pengukuran yang diperoleh manajemen insiden pada aplikasi iGra cias Telkom University berada pada level 4 (managed) dan kinerja dari manajemen insiden yang selama ini telah dilakukan baik namun masih ada beberapa kekurangan. Dengan dilakukannya pengukuran ini akan dirumuskan rekomendasi perbaikan (improvement) guna me ncapai SLA. I TILV.3 , iGracias Tel - U , Incident Management

Subjek

INFORMATION TECHNOLOGY
 

Katalog

Pengukuran Tingkat Kematangan dan Kinerja Pada Incident Management Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library V.3 (ITIL V.3) (Studi Kasus : iGracias Telkom University)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Jessica Miranda
Perorangan
Yanuar Firdaus , ST., MT.; Kusuma Ayu Laksitowening, ST. , MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini