Simulasi Pengatur Lampu Lalu Lintas Otomatis Menggunakan Algoritma Penjadwalan Highest Response Ratio Next

EKA PRATAMANDHIRA

Informasi Dasar

88 kali
17.04.2610
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiringnya dengan pertumbuhan penduduk di Indonesia saat ini, jumlah pengguna transportasi juga semakin bertambah. Dan hasilnya kemacetan di kota-kota besar masih menjadi masalah umum pada saat ini. Salah satu factor kemacetan ada pada pengaturan rambu lalu lintas pada persimpangan. Sistem yang digunakan pada pengaturan rambu lalu lintas pada persimpangan saat ini masih berdasarkan waktu tetap (Fixed Time) dan hampir semua kondisi jalan disamakan pengaturannya. Dan sistem tersebut tidak dapat menangani ketika ada perubahan pada kondisi jalan. Untuk menangani masalah tersebut, dibangun sebuah simulasi untuk melakukan pengujian untuk mengubah sistem pengatur lampu lalu lintas menjadi dinamis. Sistem pengatur tersebut menggunakan algortima penjadwalan Highest Ratio Response Next (HRRN). Simulasi ini berhasil mengubah urutan lampu sehingga menjadi pengaturan lampu lalu lintas yang dinamis. Rata-rata waktu tunggu hasil pengujian menggunakan algoritma penjadwalan HRRN lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan waktu tetap untuk dataset waktu pagi dan siang, dan lebih besar untuk dataset sore. Selisih perbedaan yaitu 26.316 detik untuk waktu pagi, 70.688 detik untuk waktu siang, dan 2.72 detik untuk waktu sore.

Subjek

SIMULATION AND MODELING
 

Katalog

Simulasi Pengatur Lampu Lalu Lintas Otomatis Menggunakan Algoritma Penjadwalan Highest Response Ratio Next
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EKA PRATAMANDHIRA
Perorangan
ANDRIAN RAKHMATSYAH, AJI GAUTAMA PUTRADA SATWIKO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CS3613 - SISTEM OPERASI
  • CSG3J3 - PEMODELAN SISTEM

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini