REPRESENTASI NASIONALISME DALAM FILM SOKOLA RIMBA (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Perjuangan Pendidikan Tokoh Bungo)

MAWADDAH AHYAR HASIBUAN

Informasi Dasar

113 kali
18.04.1061
791.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Kurangnya kualitas pendidikan di Indonesia dapat dilihat dari segi fisik dan non fisik. Hal ini yang kemudian memunculkan ide bagi para sineas untuk menampilkan realitas pendidikan di Indonesia melalui sebuah film yang diadaptasi dari kisah nyata, salah satunya yaitu film Sokola Rimba yang dijadikan penulis sebagai objek analisis dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui representasi nasionalisme dari adegan perjuangan pendidikan tokoh Bungo dalam film Sokola Rimba. Penelitian ini berdasarkan pada paradigma konstruktivis dan menggunakan metode penelitian semiotika Roland Barthes, sehingga dapat mengetahui mitos yang terkandung dari pemaknaan denotasi dan konotasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adegan perjuangan pendidikan tokoh Bungo dalam film sokola rimba merepresentasikan nasionalisme. Pada mitos dalam memperjuangkan pendidikan sebagai pemuda rimba, Bungo digambarkan sebagai sosok pemuda rimba sejati dengan sikap perjuangan yaitu bersemangat, gigih, tidak mudah menyerah, berani, fokus pada tujuan, mampu memahami kemampuan diri, dan bersungguh-sungguh. Namun, tidak menghilangkan jati dirinya sebagai orang rimba sejati yaitu kuat, peduli, tulus, dan tetap berpedoman pada adat istiadat.

Kata Kunci : Representasi, Nasionalisme Perjuangan Pendidikan, Semiotika Roland Barthes, Film

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

REPRESENTASI NASIONALISME DALAM FILM SOKOLA RIMBA (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Perjuangan Pendidikan Tokoh Bungo)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAWADDAH AHYAR HASIBUAN
Perorangan
Iis KurniaNurhayati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini