PERANCANGAN KEBIJAKAN PERAWATAN MESIN CUTTING PADA PABRIK PIPA DENGAN MENGGUNAKAN RELIABILITY, AVAILABILITY, MAINTAINABILITY (RAM) ANALYSIS DAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (Studi Kasus: PT XYZ)

FIDIDIO AGOENG PAMBOEDI

Informasi Dasar

18.04.1271
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ merupakan salah satu industri manufaktur yang bergerak dibidang Baja dan Beton siap pakai untuk industri kontruksi, kelistrikan, pertambangan, telekomunikasi dan perhubungan. Mesin Cutting merupakan salah satu mesin yang harus selalu siap pakai karena mempengaruhi proses produksi dan target produksi. Karena tingginya tingkat frekuensi downtime pada Mesin Cutting, maka diperlukan suatu kegiatan perawatan yang efektif, cara yang dilakukan pada penelitian keandalan mesin adalah menggunakan metode Reliability, Availability, Maintainability (RAM) analysis dan juga untuk menentukan kebijakan perawatan yang efektif dan tepat untuk Mesin Cutting adalah menggunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM). Berdasarkan perhitungan metode RAM Analysis dengan menggunakan pemodelan Reliability Block Diagram diketahui bahwa Reliability sistem pada waktu 112 jam sistem memiliki nilai Reliability (1%). Nilai Maintainability sistem pada waktu 5 jam adalah 100%. Nilai Inherent Availability sebesar 97,34% dan nilai Operational Availability sebesar 88,77%. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan World Class Key Performance Indicator, indikator dari Lagging Indicator belum mencapai target indikator yang diberikan sedangkan Leading Indicator telah mencapai target. Dengan metode RCM, didapat 2 Schedule On-Condition Task, 3 Schedule Restoration Task dan 1 Schedule Discard Task dengan interval waktu perawatan yang berbeda sesuai dengan subsistemnya masing-masing, serta penurunan biaya preventive maintenance sebesar Rp 3.467.688.301.

Kata Kunci: Reliability Availability Maintainability (RAM), Reliability Centered Maintenance (RCM), Preventive Maintenance, Key Performance Indicator, Downtime.

Subjek

MANAGEMENT OF PROFESSIONALS
 

Katalog

PERANCANGAN KEBIJAKAN PERAWATAN MESIN CUTTING PADA PABRIK PIPA DENGAN MENGGUNAKAN RELIABILITY, AVAILABILITY, MAINTAINABILITY (RAM) ANALYSIS DAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (Studi Kasus: PT XYZ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIDIDIO AGOENG PAMBOEDI
Perorangan
ENDANG BUDIASIH, FRANSISKUS TATAS DWI ATMAJI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • IEG4N3 - MANAJEMEN PERAWATAN
  • IEH4DD3 - REALIBILITY DAN MAINTAINABILITY

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini