PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA LAYANAN MARKETPLACE BUSINESS TO BUSINESS MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 DOMAIN EVALUATE, DIRECT AND MONITOR (EDM) DAN MONITOR, EVALUATE AND ASSESS (MEA) (Studi Kasus : CV Kabita Informatika)

RAMONA DWI UTARI

Informasi Dasar

18.04.1375
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV Kabita Informatika merupakan salah satu marketplace yang menempatkan pentingnya dukungan sistem informasi dan TI dalam menunjang keberhasilan pencapaian tujuan organisasi yang memiliki sebuah produk berbasis website yang bernama bandros.co.id. Bandros adalah dropship supplier terbaik berbasis di Bandung, memiliki misi yaitu meningkatkan kualitas UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Indonesia melalui internet. Bandros.co.id melakukan inovasi untuk menjadikan layanan reseller dan dropship terbaik dengan banyak mitra usaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia. CV Kabita Informatika perlu memberikan nilai tambah bagi bisnis dan penanganan risiko pada implementasi. Kebijakan dan prosedur terkait tata kelola TI yang ada di CV Kabita Informatika dianggap belum sesuai dengan budaya perusahaan saat ini yang diperkuat dengan tidak adanya kebijakan dan prosedur terkait tata kelola sehingga diperlukan perancangan tata kelola teknologi informasi di perusahaan agar dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Perancangan ini menggunakan kerangka kerja pada COBIT 5. COBIT 5 merupakan panduan yang digunakan untuk melakukan perancangan tata kelola TI bagi CV Kabita Informatika. Penelitian ini memberikan usulan tata kelola teknologi informasi yang sesuai dengan COBIT 5 dengan berfokus pada domain Evaluate, Direct and Monitor (EDM) dan Monitoring, Evaluate and Assess (MEA) dengan mengidentifikasi kondisi seven enabler yang dimiliki oleh perusahaan dengan kondisi seven enabler yang ideal pada COBIT 5. Hasil pada penelitian ini berupa rekomendasi perancangan model tata kelola TI dan dokumen tata kelola TI sehingga diharapkan CV Kabita Informatika dapat menerapkan praktik tata kelola teknologi informasi pada kerangka kerja COBIT 5 domain Evaluate, Direct and Monitor (EDM) dan Monitoring, Evaluate and Assess (MEA) pada proses EDM01 Ensure Governance Framework Setting and Maintanance, EDM02 Ensure Benefits Delivery, EDM05 Ensure Stakeholder Transparency dan MEA01 Monitor, Evaluate and Assess Performance and Conformance untuk memperbaiki kapabilitas perusahaan dan meningkatkan pelayanan TI dikemudian hari. Kata kunci: tata kelola teknologi informasi, COBIT 5, seven enabler

Subjek

GOOD CORPORATE GOVERNANCE
 

Katalog

PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA LAYANAN MARKETPLACE BUSINESS TO BUSINESS MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 DOMAIN EVALUATE, DIRECT AND MONITOR (EDM) DAN MONITOR, EVALUATE AND ASSESS (MEA) (Studi Kasus : CV Kabita Informatika)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAMONA DWI UTARI
Perorangan
AVON BUDIONO, IQBAL SANTOSA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4O3 - AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • ISH4W3 - MANAJEMEN DATA ENTERPRISE
  • ISG4N3 - MANAJEMEN RESIKO DAN KEAMANAN INFORMASI
  • ISG3L3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
  • ISH4V3 - TEKNIK AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • ISI4P3 - TEKNIK AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini