Servicescape merupakan gaya dan tampilan fisik serta elemen pengalaman yang dirasakan oleh konsumen. Bukti fisik dari sebuah jasa dapat dilihat melalui gedung, interior, perlengkapan, aroma, materi yang dicetak dan petunjuk yang terlihat dan kualitas jasa. Jadi, untuk menciptakan pengalaman terebut tampaknya sudah menjadi keharusan bagi setiap perusahaan jasa untuk menata servicescape melalui bukti-bukti fisik yang nyaman, menarik dan menyenangkan.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai salah satu perusahaan jasa perkeretaapian tentu harus selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya, menempatkan lima nilai utama integritas, profesional, kesempatan, inovasi dan pelayanan prima. Dengan berpedoman terhadap 5 nilai utama dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan serta didukung dengan lingkungan fisik dari jasa yang memadai maka akan terjalin hubungan yang baik antara pelanggan dengan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan penumpang kereta api di stasiun Cirebon mengenai servicescape (lingkungan fisik jasa), penelitian menggunakan objek penumpang kereta api dengan studi kasus pada stasiun Cirebon. Populasi adalah penumpang kereta api yang pernah naik ataupun turun di stasiun Cirebon dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan jenis data kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah sebesar 64,2% setuju bahwa servicescape pada stasiun Cirebon mampu memberikan kenyamanan dan kepuasan terhadap kepuasan konsumen. Teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling. Pengolahan data menggunakan software SPSS 22.
Kata Kunci : Servicescape, Kepuasan Konsumen