Indonesia adalah negara di kawasan Asia-Pasifik yang memiliki pertumbuhan paling tinggi dari segi pengeluaran belanja pemasaran digital. Pertumbuhan tersebut menandakan bahwa industry pemasaran digital di Indonesia masih aktif dan menarik. Dalam pemasaran tradisional maupun digital, program pemasaran selalu memiliki sekelompok pelanggan berdasarkan karakteristik tertentu yang menjadi target audiens. Target tersebut diidentifikasi berdasarkan karakteristik tertentu yang digunakan untuk mengelompokkan pelanggan. Telkomsel Digital Advertising memiliki layanan yang membantu pemasar supaya program pemasarannya mencapai target audiens yang sesuai, bernama Mobile Consumer Insight (MSIGHT). Namun, dalam penggunaan internalnya, terdapat isu efektifitas terkait segmentasi pelanggan dari MSIGHT dan kaitannya dengan okupansi overlay banner. Maka dari itu, dengan mempelajari segmentasi konsumen di Telkomsel Digital Advertising dan pengaruhnya terhadap okupansi overlay banner, diharapkan akan memperoleh informasi untuk pengembangan strategi yang bias digunakan untuk meningkatkan okupasi overlay banner.
Studi ini melibatkan metode statistika yang dilengkapi dengan big data analytics untuk membuktikan hipotesis dan memvisualisasikan informasi. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa hampir seluruh segmentasi eksisting memiliki pengaruh signifikan terhadap okupasi overlay banner. Terlebih lagi, diketahui juga bahwa terdapat empat klaster, dengan karakteristik yang masing-masing berbeda, dari data kampanye overlay banner di tahun 2017 yang diduga sebagai segmentasi yang paling sering digunakan pada produk overlay banner Telkomsel Digital Advertising.
Keywords: Segmentasi Pelanggan, Pemasaran Digital, Big Data Analyitics, Analisis Klaster