Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan komunikasi kelompok teman sebaya dan perilaku belanja online dengan gaya hidup konsumtif pada remaja usia 15-18 tahun di kota Jakarta. Penelitian ini menggunakan variabel independent yaitu komunikasi kelompok teman sebaya dan perilaku belanja online. Komunikasi kelompok teman sebaya dengan dimensi konformitas, fasilitas sosial dan polarisasi. Perilaku belanja online dengan dimensi waktu selama belanja, frekuensi belanja, biaya yang pernah dikeluarkan untuk belanja online. Variabel dependent yaitu gaya hidup konsumtif, dengan dimensi konsumsi pemenuh keinginan, mengkonsumsi diluar jangkauan, produktivitas barang dan konsumsi dengan tujuan mencari status.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dan kausalitas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda karena terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja usia 15-16 tahun di kota Jakarta yang pernah belanja online. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden.
Pada penelitian ini terdapat hubungan positif yang rendah sebesar 0.26%, antara komunikasi kelompok teman sebaya dengan gaya hidup konsumtif. Terdapat hubungan positif yang rendah sebesar 0,28%, antara perilaku belanja online dengan gaya hidup konsumtif. Terdapat hubungan positif yang rendah sebesar 0.343%, antara komunikasi kelompok teman sebaya dan perilaku belanja online dengan gaya hidup konsumtif pada remaja usia 15 – 18 tahun di kota Jakarta.