Di kota Bandung terdapat banyak usaha yang didirikan oleh keluarga salah satunya toko emas. Pengusaha emas berpendapat usahanya memberikan prospek cerah dengan memilih generasi penerus yang berasal dari anggota keluarga. Namun peneliti harus mencari kebenaran tentang hal tersebut sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan generasi pertama dalam pemilihan generasi penerus dengan perencanaan suksesi dalam bisnis keluarga agar bertahan dalam waktu yang lama.
Elemen-elemen yang menjadi 24 variabel dalam penelitian perencanaan suksesi generasi pertama dalam bisnis keluarga yang dimaksudkan menggunakan enam teori diantaranya Alcorn (1982), John Ward (1998), Alan Carsrud (2006), Soedibyo (2007), Boyd, Royer, Pie dan Zhang (2015) dan Ghee, Ibrahim dan Halim (2015).
Penelitian ini merupakan penelitian studi analisis faktor dengan pendekatan kuantitatif. Populasi diketahui peneliti melalui survey ke toko emas di kota Bandung sebanyak 120 populasi dan 60 responden. Data kemudian diolah dengan metode analisis faktor melalui bantuan SPSS versi 23 for Windows.
Penelitian menghasilkan lima faktor yang mempengaruhi perencanaan suksesi generasi pertama untuk memilih generasi penerus dalam bisnis keluarga toko emas di kota Bandung. Kelima faktor tersebut adalah faktor generasi penerus yang kompeten sebesar 30,014%, faktor sasaran fokus utama sebesar 11,157%, faktor hubungan bisnis dengan keluarga sebesar 11,081%, faktor motivasi generasi pertama sebesar 11,044% dan faktor perencanaan dan kontrol suksesi sebesar 10,642%. Total keseluruhan sebesar 73,938%, sehingga terdapat faktor lain sebesar 26,02% yang mempengaruhi pemilihan generasi penerus bagi bisnis keluarga toko emas di kota Bandung.
Kata kunci: Pengambilan Keputusan Generasi Pertama, Perencanaan Suksesi, Perusahaan Keluarga