ABSTRAK
Perkembangan teknologi saat ini telah memberikan banyak manfaat, contohnya dalam pemasaran global. Dengan adanya perkembangan ini, mendorong para pemasar untuk membuat strategi pemasaran dalam bentuk E-Marketing (Electronic Marketing). Semakin meningkatnya kemajuan teknologi, persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Untuk itu, promosi penting dilakukan oleh perusahaan untuk menguatkan karakter merek suatu perusahaan. Ada banyak cara untuk mempromosikan produk maupun jasa perusahaan, salah satunya adalah dengan iklan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Efektivitas dari konten iklan IndiHome melalui media sosial Instagram Telkom Jabar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana efektivitas konten iklan IndiHome melalui media sosial Instagram dengan menggunakan metode Customer Response Index (CRI). Metode CRI adalah analisis yang digunakan untuk mengukur efektivitas iklan dengan menggunakan lima sub variabel yaitu, Awareness (kesadaran), Comprehend (pemahaman), Interest (ketertarikan), Intentions (niat), dan Action (tindakan). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling jenis purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil pengolahan data, masing-masing dimensi mendapatkan poin yang memiliki kategori efektif yaitu nilai CRI sebesar 68,02% dengan Unaware sebesar 0%, No Comprehend sebesar 7%, No Interest sebesar 10,97%, No Intention sebesar 8,01% dan No Action sebesar 6%. Dari hasil pengukuran skor rataan efektivitas konten iklan IndiHome melalui media sosial Instagram Telkom Jabar dengan menggunakan metode CRI, menunjukkan bahwa Efektivitas konten iklan IndiHome melalui Instagram Telkom Jabar termasuk kedalam kategori efektif.
Kata Kunci: Efektivitas Iklan, Metode CRI, Media Sosial, Instagram