Pertumbuhan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi berdasarkan kunjungan wisatawan domestik yang berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi terus mengalami peningkatan yang signifikan, pada tahun 2013 berjumlah 1.057.952 dan pada tahun 2018 meningkat mencapai 5.039.934. Salah satu cara untuk memasarkan potensi wisata Kabupaten Banyuwangi adalah dengan membuat pariwisata kreatif seperti event festival dan karnaval.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pengunjung tentang event festival gandrung sewu, pengaruh event festival gandrung sewu, dan besarnya pengaruh event festival gandrung sewu terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan hubungan kausalitas dan menggunakan metode non probability sampling dengan penyebaran kuesioner terhadap 100 responden. Teknik analisis data terdiri dari analisis deskriptif, uji normalitas, analisis korelasi Pearson, koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis.
Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t didapat hasil bahwa Event Festival Gandrung Sewu memiliki pengaruh terhadap Keputusan Berkunjung. Hal tersebut dibuktikan dengan thitung (14,675) > ttabel (1,984). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Event yaitu 84,4% dalam kategori sangat baik/sangat tinggi dan nilai Keputusan Berkunjung yaitu 81,9% dalam kategori baik/tinggi. Berdasarkan koefisien determinasi didapat bahwa Event festival gandrung sewu memiliki pengaruh sebesar 68,7% terhadap Keputusan Berkunjung wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi.
Kata Kunci: Event, Keputusan Berkunjung, Festival Gandrung Sewu