PERANCANGAN MEDICAL IMAGE WATERMARKING MENGGUNAKAN METODE DWT-FDCUT-DCT

REZA FAJAR RAMADHAN

Informasi Dasar

20.04.208
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Citra medis merupakan citra yang berisi informasi penting dan sensitif mengenai keadaan kesehatan pasien yang tidak bisa diketahui oleh orang yang tidak berkepentingan. Oleh karena itu, suatu citra medis harus dapat dijaga keamanan dan ketahanannya. Dalam mewujudkan hal tersebut maka dilakukan proses watermarking pada citra medis. Watermarking dilakukan bertujuan untuk menjaga keamanan data – data pasien tersebut.

Pada Tugas Akhir ini dirancang metode watermarking berbasis Discrete Wavelet Transform (DWT), Fast Discrete Time Curvelet Transform (FDCuT), dan Discrete Cosine Transform (DCT) pada citra medis. Dalam watermarking citra medis ini diproses menjadi dua bagian yaitu proses penyisipan dan proses ekstraksi. Pada proses penyisipan menghasilkan suatu output yaitu citra medis ter-watermark dan dilihat kualitasnya dengan menghitung SNR, PSNR dan SSIM dari hasil tersebut. Kemudian proses ekstraksi menghasilkan output yaitu citra watermark hasil ekstraksi dan dilihat kualitasnya dengan menghitung BER dan NC dari hasil tersebut.

Hasil dari penelitian ini adalah sistem watermarking citra medis dengan metode yang diusulkan yaitu DWT-FDCuT-DCT yaitu memperoleh rata-rata nilai SNR 39,3987 dB, PSNR 49,4819 dB, SSIM 0,9938, BER 0,0028 dan NC 0,9873 serta memiliki ketahanan terhadap serangan noise salt and pepper dengan density kurang dari 0,01, tahan terhadap serangan filter gaussian dengan sigma kurang dari 0,5, tahan terhadap serangan kompresi JPEG dengan quality diatas 75, tahan terhadap serangan noise speckle dengan variance kurang dari 0,04 dan tahan terhadap serangan rotasi dengan sudut putar 90, tahan terhadap serangan image sharpening dengan standar deviasi 1 dan 5, tahan terhadap serangan flipping dan histogram equalization, tetapi tidak tahan terhadap serangan filter median, filter mean, image blurring, cropping, dan noise gaussian. Metode ini pun memiliki hasil lebih baik dari metode pada penelitian sebelumnya yang menggunakan metode DWT-DCT dan FDCuT-DCT.

Kata Kunci : Citra Medis, Watermarking, DWT, FDCuT, DCT.

Subjek

Telecommunication
 

Katalog

PERANCANGAN MEDICAL IMAGE WATERMARKING MENGGUNAKAN METODE DWT-FDCUT-DCT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REZA FAJAR RAMADHAN
Perorangan
LEDYA NOVAMIZANTI, SOFIA SAIDAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini