Motif Penggunaan Media Sosial Twitter (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Pengikut Akun Twitter @EXOind)

DHEA NURSYAFITRI LIANI

Informasi Dasar

20.04.1442
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di Indonesia jumlah pengguna aktif internet semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia lebih sering mengakses media yang terhubung dengan internet, khususnya media sosial. Mudah digunakan dan memungkinkan interaksi tanpa adanya batas jarak, waktu, dan ruang membuat masyarakat menggunakan media sosial termasuk fandom. Twitter adalah media sosial yang digunakan oleh fandom sebagai sebuah sarana untuk melakukan kegiatan fangirling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif para pengikut akun Twitter @EXOind dalam menggunakan media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan referensi kategori motif dari Papacharissi dan Rubin (2000) serta menggunakan metode survei dengan analisis deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Kuesioner disebarkan kepada 100 orang responden menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motif Information Seeking dan Motif Entertainment berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan Motif Convenience, Motif Interpersonal Utility, dan Motif Pass Time berada pada kategori tinggi.

Kata kunci: motif, new media, Twitter, fandom

Subjek

NEW MEDIA
 

Katalog

Motif Penggunaan Media Sosial Twitter (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Pengikut Akun Twitter @EXOind)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHEA NURSYAFITRI LIANI
Perorangan
NOFHA RINA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini