PENGAPLIKASIAN TEKNIK BLOCK PRINTING PADA MATERIAL KAIN TENUN ATBM UNTUK PERANCANGAN PRODUK FASHION

BQ ANDIKA RINJANI

Informasi Dasar

20.04.2032
746.92
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Block printing diyakini berasal dari Cina menjelang awal abad ke-3. Material yang biasa digunakan untuk teknik block printing yaitu kayu atau linoleum sebagai plat cetak dan material kain dengan karakter permukaan kain datar dan halus seperti sutera, katun, linen dan sebagainya. Indonesia merupakan salah satu bangsa yang memiliki budaya wastra yang telah lama dikembangkan. Salah satu wastra khas Indonesia adalah kain tenun yang dibuat dari Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Penggunaan kain tenun ATBM memiliki potensi yang dapat dijadikan sebagai media cetak block printing dan dapat menjadi satu inovasi dalam penggunaan material pada teknik block printing.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data diantaranya studi literatur, pencarian buku, jurnal untuk memperoleh teori dasar dan observasi lapangan, wawancara secara langsung untuk memperoleh pengetahuan seputaran kain ATBM dan teknik block printing, dan melakukan eksplorasi pada media kain tenun ATBM dengan menggunakan teknik block printing.

Hasil kain tenun ATBM dengan menggunakan teknik block printing ini akan dijadikan material utama dalam perancangan produk fashion dengan menggunakan motif geometris yang diambil dari pengambilan konsep lukisan suprematism, kemudian hasil lembaran kain dijadikan produk fashion yaitu, busana ready to wear deluxe untuk membuktikan potensi pengaplikasian material kain tenun ATBM dapat dijadikan sebagai media cetak block printing dan dijadikan sebagai produk fashion.

Kata kunci: Block printing, kain tenun ATBM, fashion, Suprematism, ready to wear deluxe?

Subjek

FASHION DESIGN
 

Katalog

PENGAPLIKASIAN TEKNIK BLOCK PRINTING PADA MATERIAL KAIN TENUN ATBM UNTUK PERANCANGAN PRODUK FASHION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BQ ANDIKA RINJANI
Perorangan
MOCHAMMAD SIGIT RAMADHAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini