PERANCANGAN PERBAIKAN POSITIONING DISTRO APPLECOAST BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING

AHMAD RAFI FAUZAN

Informasi Dasar

20.04.2308
659.111
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Distro Applecoast adalah toko fashion yang telah berdiri sejak tahun 2013. Dilihat dari sisi penjualan pada bulan Januari hingga Desember 2019 target penjualan distro Applecoast tidak tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali persepsi konsumen distro lokal terhadap pemilihan distro lokal di Kota Bandung, berdasarkan perceptual mapping dengan metode multidimensional scaling. Multidimensional scaling (MDS) merupakan teknik multivariate yang menggunakan lebih dari satu variabel untuk mengetahui kondisi persaingan, kelebihan serta kekurangan dan mengetahui posisi setiap distro lokal dimata calon konsumen. Dalam penelitian ini atribut yang digunakan adalah reputasi brand, kualitas bahan, kualitas jahitan, variasi warna, variasi model, saluran pembelian produk, rentang ukuran produk, variasi jenis produk, dan harga produk. Sampel dari penelitian ini berjumlah 100 orang konsumen distro lokal. Data penelitian didapatkan dari penyebaran kuesioner yang selanjutnya akan dijadikan input untuk pengolahan MDS. Setelah dilakukan pengolahan data menggunkan MDS, dihasilkan perceptual mapping dengan posisi distro Applecoast memiliki pesaing utama distro UH!. Adapun atribut-atribut yang menjadi kelemahan distro Applecoast adalah reputasi brand, kualitas bahan, kualitas jahitan, variasi warna, variasi model, saluran pembelian produk, rentang ukuran produk, variasi jenis produk, dan harga produk. Strategi utama perbaikan positioning dapat dilakukan pada atribut kualitas bahan, kualitas jahitan, reputasi brand dan variasi model dimana keempat atribut tersebut yang ingin ditonjolkan oleh distro Applecoast untuk memenangkan persaingan. Kata Kunci: Distro Applecoast, Positioning, Perceptual Mapping, Multidimensional Scaling.

Subjek

Positioning - advertising
 

Katalog

PERANCANGAN PERBAIKAN POSITIONING DISTRO APPLECOAST BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD RAFI FAUZAN
Perorangan
YATI ROHAYATI, AHMAD RAFI FAUZAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini