REPRESENTASI MAKNA CERDIKIAWAN DALAM IKLAN GOJEK “GOJEK MEMPERSEMBAHKAN: CERDIKIAWAN” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

CICI RETA SETIANA PRIANI

Informasi Dasar

252 kali
20.04.2998
659.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kualitas individu telah menjadi salah satu pilar utama dalam tuntutan di era revolusi industri 4.0 terhadap kebutuhan sumber daya manusia yang kreatif sebagai salah satu poin utama persaingan kerja. Kreativitas dan kecerdikan ini kemudian diadobsi oleh tim kreatif iklan gojek menjadi sebuah ide dasar dalam membuat sebuah konsep iklan komersial yang berjudul “Gojek Mempersembahkan: Cerdikiawan”. Istilah Cerdikiawan sendiri diketahui sebagai imbuhan baru sebab kata tersebut tidak terdapat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam penelitian ini, penulis akan memaparkan bagaimana representasi pemaknaan kata cerdikiawan pada makna denotasi, konotasi dan mitos. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivis yang menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa iklan Gojek menggambarkan kecerdikan yang bisa menghasilkan suatu inovasi bernilai ekonomi. Penelitian ini menunjukkan bahwa iklan “Gojek Mempersembahkan: Cerdikiawan” mencoba untuk mengkonstruksi ulang tentang mitos yang ada di masyarakat bahwa kreativitas itu hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu.

Subjek

BROADCAST ADVERTISING
 

Katalog

REPRESENTASI MAKNA CERDIKIAWAN DALAM IKLAN GOJEK “GOJEK MEMPERSEMBAHKAN: CERDIKIAWAN” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CICI RETA SETIANA PRIANI
Perorangan
FREDDY YUSANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini