PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TIKET.COM (SURVEY PADA PENGGUNA TIKET.COM DI KOTA BANDUNG)

M. RAKA ALFAJRI

Informasi Dasar

184 kali
20.04.3020
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan dunia usaha berbasis teknologi dan informasi terus berkembang pesat, salah satunya yaitu usaha penyedia jasa travel online. Banyaknya jasa online travel agent di Indonesia mendorong para pelaku bisnis untuk terus berinovasi guna mendapatkan, mengakuisisi dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Salah satu cara yang dilakukan oleh pelaku usaha adalah dengan menerapkan Customer Relationship Management (CRM). Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan pada pengguna Tiket.com di Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probality sampling dan pengambilan data menggunakan kuisioner secara online melalui google docs yang melibatkan 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Kriteria populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna yang telah melakukan registrasi dan melakukan transaksi serta berdomisili di Kota Bandung. Hasil penelitian secara keseluruhan diperoleh bahwa tanggapan responden pada variabel Customer Relationship Mangement (CRM) pengguna Tiket.com di Kota Bandung masuk dalam kategori baik. Sedangkan variabel Loyalitas Pelanggan pengguna Tiket.com di Kota Bandung masuk dalam kategori cukup baik. Hasil koefisien determinasi juga menunjukan bahwa Customer Relationship Mangement (CRM) berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan pengguna Tiket.com di Kota Bandung.

Kata Kunci: Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan

Subjek

CUSTOMER RELATIONS-MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TIKET.COM (SURVEY PADA PENGGUNA TIKET.COM DI KOTA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. RAKA ALFAJRI
Perorangan
Aditya Wardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SN843036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini