PENGARUH HALAL TOURISM DAN CUSTOMER ENGAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI KOTA BANDUNG

IVANIZAL NANDA WIJAYA

Informasi Dasar

158 kali
20.04.3168
658.8342
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak Saat ini banyak sekali bisnis yang bergerak di bidang pariwisata dimana dia lebih memfokuskan kepada makanan halal, penyediaan fasilitas ibadah, dll . Salah satu pelayanan yang paling digemari adalah wisata halal nya karena Marketing adalah proses sosisal dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk yang memiliki nilai satu sama lain. (Kotler, 2000). Marketing merupakan salah satu kunci keberhasilan bagi suatu perusahan, dimana marketing bukn hanya prinsip mengenai bagaimana untnuk menjual saja, tetapi bagaimana meberikan kepuasan kepada konsumen.. Populasi dari penelitian ini yaitu pelanggan yang pernah melakukan perjalanan wisata halal di jawa barat tepatnya di Kota Bandung, untuk mendapatkan jumlah sampel diperoleh total sampel sebanyak 100 responden. Survei kepada responden dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online melalui Google Form sebagai teknik pengumpulan data. Data dimasukan ke Structural Equation Model (SEM) untuk melakukan pengujian hipotesis menggunakan SmartPLS. Berdasarkan pengolahan data dengan SmartPLS, ditermukan bahwa Halal Tourism memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction. Dnn, Didapat juga bahwa Customer Engagement memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction. Selain itu, ditemukan bahwa Religiusitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Halal Tourism.

Kata kunci: Halal Tourism, Kepuasan Pelanggan, Religiusitas, Keterlibatan Pelanggan

Abstract At present there are a lot of businesses engaged in tourism where he focuses more on halal food, the provision of worship facilities, etc. One of the most popular services is halal tourism because Marketing is a social and managerial process where individuals and groups get what they need and want through the creation and exchange of products that have value to each other. (Kotler, 2000). Marketing is one of the keys to success for a company, where marketing is not just a principle of how to sell it, but how to give satisfaction to consumers. The population of this research is the customers who have taken a halal tour in West Java precisely in the city of Bandung, to get the number of samples obtained a total sample of 100 respondents. The survey to respondents was conducted through distributing questionnaires online through Google Form as a data collection technique. Data entered into the Structural Equation Model (SEM) to test hypotheses using SmartPLS. Based on data processing with SmartPLS, it was found that Halal Tourism has a positive and significant influence on Customer Satisfaction. And, It was also found that Customer Engagement has a positive and significant influence on Customer Satisfaction. In addition, it was found that Religiosity has a positive and significant influence on Halal Tourism.

Keywords: Halal Tourism, Customer Satisfaction, Religiosity, Customer Involvement

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

PENGARUH HALAL TOURISM DAN CUSTOMER ENGAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IVANIZAL NANDA WIJAYA
Perorangan
Ratih Hendayani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SM855036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini