ANALISIS PEMASARAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENENTUKAN INFLUENCER DAN TOPIK PEMBICARAAN MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS DAN TOPIC MODELING (Studi Kasus : Go-Pay, OVO, Dana dan LinkAja)

ASSYIFA RESKA SISILIA

Informasi Dasar

20.04.3417
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini berdampak besar bagi kehidupan sehari-hari, termasuk dalam sistem pembayaran. Terdapat beberapa sistem pembayaran yang menggunakan teknologi digital, salah satunya adalah e-wallet atau dompet digital yang dapat mempermudah transaksi pembayaran secara non-tunai. Go-Pay, OVO, Dana dan LinkAja merupakan empat e-wallet terbaik dengan jumlah pengguna dan pengunduh aplikasi terbanyak di Indonesia dalam tujuh kuartal terakhir sejak 2017. Ditengah persaingan yang semakin ketat Go-Pay, OVO, Dana dan LinkAja harus menerapkan strategi pemasaran pada media sosial agar dapat bertahan diposisinya. Media sosial merupakan platform yang sering digunakan untuk startegi pemasaran pada media sosial. Pada media sosial, perusahaan dapat menentukan akun dan topik yang dibicarakan oleh konsumen. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa akun yang berpengaruh pada keempat e-wallet di media sosial Twitter yaitu akun @ptinka, @alfamart, @bareksacom, @adie_tan dan @kai121. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa topik yang sering dibicarakan yaitu mengenai giveaway, informasi, promo dan ketidaknyamanan dalam penggunaan layanan. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan dapat memanfaatkan strategi pemasaran pada media sosial untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan melihat hasil analisis jaringan sosial menggunakan metode SNA (social network analysis) dan topik pembicaraan menggunakan metode Topic Modeling.

Kata Kunci : e-wallet, Strategi pemasaran pada media sosial, social network analysis, topic modeling.

Subjek

Marketing
 

Katalog

ANALISIS PEMASARAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENENTUKAN INFLUENCER DAN TOPIK PEMBICARAAN MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS DAN TOPIC MODELING (Studi Kasus : Go-Pay, OVO, Dana dan LinkAja)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASSYIFA RESKA SISILIA
Perorangan
REFI RIFALDI WINDYA GIRI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini