ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP ONLINE TRAVEL AGENCY (OTA) PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (NBC) (Studi kasus : Traveloka, Tiket.com, dan Pegipegi)

NABILA TENZELLYANI

Informasi Dasar

91 kali
20.04.3886
003
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP ONLINE TRAVEL AGENCY (OTA) PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (NBC) (Studi kasus : Traveloka, Tiket.com, dan Pegipegi)

Oleh NABILA TENZELLYANI NIM : 1202164037

Pada saat ini media sosial sedang populer dikalangan masyarakat untuk digunakan sebagai media komunikasi. Salah satu contoh media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini yaitu Twitter. Dengan menggunakan Twitter, masyarakat mendapat beragam informasi serta masyarakat juga dapat mengutarakan kesan dan pendapatnya. Pendapat yang diutarakan dapat bersifat positif, netral ataupun negatif. Dari informasi serta pendapat tersebut terdapat data yang dapat diolah menjadi analisis sentimen. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu analisis sentimen masyarakat yang berupa sentimen positif, netral atau negatif dengan metode yang digunakan adalah Naïve Bayes Classifier (NBC) dengan mengambil data Online Travel Agency (OTA) meliputi Traveloka,Tiket.com, dan Pegipegi. Pada penelitian ini proses yang dilakukan yaitu melakukan pengumpulan data dengan crawling data, setelah itu text preprocessing, memisahkan data testing serta data training dan melakukan klasifikasi dengan algoritma Naive Bayes. Penilitan ini menggunakan proses secara otomatis mulai dari proses pengumpulan data sampai dengan proses didapatkannya hasil sentimen. Pada penelitian ini didapatkan hasil nilai akurasi sebesar 79,5%.

Kata Kunci: Twitter, Naïve Bayes Classifier (NBC), Online Travel Agency (OTA)

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP ONLINE TRAVEL AGENCY (OTA) PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (NBC) (Studi kasus : Traveloka, Tiket.com, dan Pegipegi)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NABILA TENZELLYANI
Perorangan
Deden Witarsyah, Faqih Hamami
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini