PERANCANGAN USER INTERFACE SISTEM INFORMASI PALANG PINTU OTOMATIS MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN UNTUK PENDAFTARAN KARTU AKSES DAN MONITORING KELUAR MASUK KENDARAAN (STUDI KASUS : Perumahan Buah Batu)

DZULFIKRI MARDIANSYAH

Informasi Dasar

20.04.4569
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perumahan Permata Buah Batu Bandung (PBB) adalah salah satu perumahan padat penduduk yang berada di Kawasan Universitas Telkom. Perumahan ini memiliki satu pintu masuk dan keluar yang dijaga oleh petugas keamanan . Pada akses untuk keluar masuk tersebut sudah terdapat Palang Pintu Otomatis (PPO) dan petugas satpam untuk meningkatkan keamanan pada perumahan PBB. Palang Pintu Otomatis (PPO) yang terdapat di perumahan PBB mempunyai suatu permasalahan yaitu banyaknya tamu yang masuk ke dalam area perumahan PBB tanpa menukarkan identitas, sehingga petugas keaamanan sulit untuk mengidentifikasi untuk menyaring siapa saja yang masuk dan keluar perumahan. Lalu jika ada masalah pada kartu, warga akan lapor kehilangan kartu pada satpam, tetapi satpam tidak tahu nomor dari RFID pada kartu akses warga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan, membuat desain antar block dan update di software PPO, yang akan digunakan oleh teknisi pada saat ada laporan warga yang tidak mempunnyai kartu/kehilangan. Sistem ini juga membantu warga yang ingin memperpanjang kartu untuk bisa memasuki kawasan PBB. Jika warga tidak mempunyai kartu, warga harus melaporkan data diri ke satpam yang nnti akan dikasih kartu tamu untuk melewati PPO dan memasuki kawasan PBB. Untuk membuat perancangan User Interface palang pintu otomatis untuk pendaftaran kartu akses dan monitoring keluar masuk kendaraan menggunakan metode User Centered Design yang dimana metode ini melakukan survei dengan membuat kuisioner. Setelah itu menentukan solusi atas masalah yang ditemukan pada saat mewawancarai teknisi dan petugas keamanan. Hasil penelitian ini adalah sebuah solusi desain pada perancangan User Interface palang pintu otomatis yang dapat diterima oleh pengguna dengan hasil skor SUS sebesar 78% . Kata Kunci : User Centered Design, Pintu Gerbang Otomatis, Desain

Subjek

User interfaces-systems design
 

Katalog

PERANCANGAN USER INTERFACE SISTEM INFORMASI PALANG PINTU OTOMATIS MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN UNTUK PENDAFTARAN KARTU AKSES DAN MONITORING KELUAR MASUK KENDARAAN (STUDI KASUS : Perumahan Buah Batu)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DZULFIKRI MARDIANSYAH
Perorangan
Umar Yunan K.S.H, Rahmat Fauzi M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini