PERANCANGAN SEGMENTASI PELANGGAN DENGAN METODE CLUSTERING K-MEANS DAN MODEL RFM PADA KLINIK KECANTIKAN SEOUL SECRET

SETIAWAN

Informasi Dasar

253 kali
21.04.508
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seoul Secret merupakan salah satu klinik kecantikan yang berada di Jakarta Selatan. Klinik kecantikan Seoul Secret berlokasi Jl. Tebet Timur Dalam Raya No.44 A. Kegiatan klinik kecantikan Seoul Secret memberikan pelayanan dan treatment yang optimal guna memenuhi kebutuhan pelanggan. Di awal tahun 2018 Seoul Secret membuat program paket treatment. Terdapat lima paket treatment yang ditawarkan kepada pelanggan. Pendapatan pengguna paket mengalami fluktuasi ditahun 2019 dan 2020 bahkan tidak mencapai target. Banyaknya jumlah pelanggan tidak sebanding dengan jumlah pelanggan setia. Dalam tiga tahun terakhir jumlah kehilangan pelanggan lebih tinggi dibandingkan jumlah pelanggan setia. Oleh karena itu pihak Seoul Secret perlu mengelola data pelanggan untuk dapat memberikan informasi mengenai pelanggan. Tujuan penelitian ini yaitu melakukan segmentasi pelanggan pengguna paket dan memberikan usulan strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode Clustering Algoritma K-Means dan penerapan model RFM. Clustering K-Means digunakan merupakan salah satu metode data mining untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan karakteristik kesamaan pelanggan kedalam sejumlah K atau cluster yang telah ditentukan.Sedangkan RFM merupakan metode untuk pengelompokkan data berdasarkan atribut recency, frequency dan monetary. Dengan mengkombinasi model RFM dan Clustering Algoritma K-Means dapat menggambarkan segmentasi pelanggan berdasarkan perilaku pelanggan. Usulan strategi pemasaran yang dapat diberikan oleh pihak Seoul Secret diantaranya memberikan cashback, memberikan voucher, adanya program membership, penerapan sistem poin, penawaran paket treatment ditambah layanan pijat gratis, memberikan bonus treatment, menggunakan sistem appointment, penambahan dokter kecantikan dan adanya layanan prioritas

Subjek

MARKETING
 

Katalog

PERANCANGAN SEGMENTASI PELANGGAN DENGAN METODE CLUSTERING K-MEANS DAN MODEL RFM PADA KLINIK KECANTIKAN SEOUL SECRET
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SETIAWAN
Perorangan
HUSNI AMANI, WAWAN TRIPIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini