Seoul Secret merupakan salah satu klinik kecantikan yang berada di Jakarta Selatan.
Klinik kecantikan Seoul Secret berlokasi Jl. Tebet Timur Dalam Raya No.44 A.
Kegiatan klinik kecantikan Seoul Secret memberikan pelayanan dan treatment yang
optimal guna memenuhi kebutuhan pelanggan. Di awal tahun 2018 Seoul Secret
membuat program paket treatment. Terdapat lima paket treatment yang ditawarkan
kepada pelanggan. Pendapatan pengguna paket mengalami fluktuasi ditahun 2019 dan
2020 bahkan tidak mencapai target. Banyaknya jumlah pelanggan tidak sebanding
dengan jumlah pelanggan setia. Dalam tiga tahun terakhir jumlah kehilangan
pelanggan lebih tinggi dibandingkan jumlah pelanggan setia. Oleh karena itu pihak
Seoul Secret perlu mengelola data pelanggan untuk dapat memberikan informasi
mengenai pelanggan.
Tujuan penelitian ini yaitu melakukan segmentasi pelanggan pengguna paket dan
memberikan usulan strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode Clustering
Algoritma K-Means dan penerapan model RFM. Clustering K-Means digunakan
merupakan salah satu metode data mining untuk mengelompokkan pelanggan
berdasarkan karakteristik kesamaan pelanggan kedalam sejumlah K atau cluster yang
telah ditentukan.Sedangkan RFM merupakan metode untuk pengelompokkan data
berdasarkan atribut recency, frequency dan monetary. Dengan mengkombinasi model
RFM dan Clustering Algoritma K-Means dapat menggambarkan segmentasi
pelanggan berdasarkan perilaku pelanggan.
Usulan strategi pemasaran yang dapat diberikan oleh pihak Seoul Secret diantaranya
memberikan cashback, memberikan voucher, adanya program membership, penerapan
sistem poin, penawaran paket treatment ditambah layanan pijat gratis, memberikan
bonus treatment, menggunakan sistem appointment, penambahan dokter kecantikan
dan adanya layanan prioritas