Kos Gallant House merupakan salah satu kos yang bergerak pada bidang jasa layanan tempat tinggal sementara dengan jangka waktu yang lama yang terletak di Bandung. Sangat penting bagi setiap rumah kos memiliki keunggulan yang kompetitif. Pelayanan dan fasilitas yang dimiliki Kos Gallant House sampai saat ini masih banyak kekurangan atau masih belum maksimal yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti fasilitas yang disediakan dan pelayanan yang kurang memuaskan sehingga banyak keluhan yang membuat para penghuni kos merasa belum puas atas fungsi kinerja kos itu sendiri, sehingga menyebabkan target konsumen yang diinginkan pihak kos belum tercapai. Salah satu metode yang digunakan dalam meningkatkan pelayanan dan fasilitas adalah Quality Function Deployment (QFD). Quality Function Deployment (QFD) merupakan metode dalam pengembangan dan perancangan yang mampu mengintegrasikan Voice Of Customer kedalam sebuah perancangan.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rancangan tahapan perbaikan sebagai rekomendasi perbaikan terhadap fasilitas dan pelayanan berdasarkan true customer needs, dimana metode yang digunakan tersebut yaitu Quality Function Deployment (QFD). Tahapan awal yang dilakukan adalah melihat kesenjangan (Gap) terhadap kinerja pelayanan dan fasilitas yang disediakan terhadap keinginan konsumen. Selanjutnya kuisioner dibagikan kepada 46 responden, diperoleh 8 karakteristik teknis yang akan digunakan pada pengembangan dan penentuan konsep yang digunakan untuk memperoleh critical part yang dijadikan output dari Quality Function Deployment (QFD).
Pada tahap akhir terdapat 8 rekomendasi yang dirancang untuk meningkatkan performa fasilitas dan pelayanan Kos Gallant House. Beberapa diantaranya adalah standar fasilitas internet, standar kebersihan kos, standar waktu pelayanan dan standar ketepatan pelayanan.
Kata Kunci : QFD, HOQ, Atribut Kebutuhan, Part Deployment, Critical Part