Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh online customer review terhadap minat beli dengan kepercayaan sebagai variabel intervening pada Shopee. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana online customer review pada Shopee, bagaimana kepercayaan pada Shopee, bagaimana minat beli pada Shopee, bagaimana pengaruh online customer review dan kepercayaan terhadap minat beli, dan bagaimana pengaruh online customer review terhadap minat beli melalui kepercayaan pada Shopee.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan kuantitatif dengan alat bantu analisis Structural Equation Modelling (SEM) PLS. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling, dengan jumlah responden sebanyak 200 orang yang merupakan pengguna aplikasi Shopee dan pernah berbelanja di Shopee.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, online customer review dan kepercayaan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap minat beli, dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. Sedangkan online customer review terhadap minat beli melalui kepercayaan sebagai pengaruh tidak langsung memiliki pengaruh yang signifikan, dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. Berdasarkan analisis deskriptif variabel online customer review, kepercayaan dan minat beli berada dalam kategori sangat baik.
Dapat disimpulkan, online customer review, kepercayaan dan minat beli pada Shopee berada dalam kategori sangat baik, namun ada beberapa item yang perlu diperhatikan seperti review online yang menarik, menjaga informasi pelanggan, dan membuat konsumen ingin merekomendasi kan Shopee.