Humas Pemkot Bandung menggunakan media sosial sebagai saran untuk menjalankan komunikasi strategis. Dalam hal ini, Humas Pemkot Bandung dapat menganalisis perkembangan dan perbaruan atau update mengenai informasi Covid-19 melalui media sosial Instagram.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang digunakan dalam pengelolaan media sosial Instagram Humas Pemkot Bandung di masa pandemi Covid-19 ditinjau melalui Teori Pengelolaan Media Sosial oleh Paramitha (2011). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif metode dengan cara mengumpulkan berbagai fakta berupa kata-kata dan gambar yang berasal dari hasil wawancara, observasi dan dokumen. Berdasarkan penelitian, strategi pengelolan media sosial Humas Pemkot Bandung yaitu pertama, membuat perencanaan editorial terkait dengan informasi Covid-19 diiringi dengan verifikasi berlapis agar informasi tersebut akurat dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Kedua, Humas Pemkot Bandung mengimplementasikan hasil konten yang sudah dibuat ke Instagram dengan memperhatikan aspek dari segi bahasa, teks atau tulisan, konten visual, dan pengelolaan yang dilakukan. Ketiga, optimalisasi pengelolaan media sosial Humas Pemkot Bandung dilakukan agar traffic atau frekuensi aktivitas dan visibilitas Humas Pemkot Bandung dapat terus ditingkatkan sehingga pengelolaan dapat terus dilakukan melalui agenda setting yang diperoleh dari kegiatan evaluasi pemantauan secara berkala tiap bulan.
Kesimpulan tujuan penelitian ini melengkapi teori yang digunakan yaitu Pengelolaan Media Sosial oleh Paramitha (2011) dalam Pakuningjati (2015:10), dalam perencanaan, aktivasi dan pengawasan, dan optimalisasi.
Kata kunci: Strategi Pengelolaan Media Sosial, Instagram, Pandemi Covid-19, dan Media Sosial.