SEGMENTASI PELANGGAN PT. TELEKOMUNIKASI SELULER INDONESIA MENGGUNAKAN CLUSTERING ALGORITMA K-PROTOTYPES DAN METODE ELBOW SEBAGAI PERUMUSAN STRATEGI MARKETING

AHMAD SHOHIBUS SULTHONI

Informasi Dasar

21.04.873
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Telekomunikasi Selular Indonesia (Telkomsel) merupakan salah satu pemain besar di industri penyedia layanan seluler. Jumlah pelanggan Telkomsel pada tahun 2020 mencapai 163 Juta pelanggan aktif. Namun angka ini tidak mencerminkan kinerja pemasaran dari Telkomsel. Pada akhir 2019, posisi Telkomsel terancam oleh kompetitor seperti XL Axiata. Perusahaan XL Axiata mencatatkan penetrasi pelanggan baru lebih tinggi daripada Telkomsel. Salah satu cara untuk mempertahankan pangsa pasar di tengah ketatnya kompetisi adalah segmentasi pelanggan. Cara ini menghasilkan rekomendasi strategi yang dapat diterapkan oleh pihak pemasaran Telkomsel. Segmentasi pelanggan pada Telkomsel dilakukan dengan clustering dengan algoritma k-prototypes. Melalui metode elbow, penelitian ini mendapatkan jumlah cluster terbaik yaitu 4. Masing-masing cluster mewakili satu segmen dari pelanggan Telkomsel. Pada tiap segmen Telkomsel dapat menerapkan strategi yang berbeda. Untuk segmen pertama, rekomendasi strategi yang dihasilkan adalah menjalin kerja sama dengan merek OPPO. Sedangkan untuk segmen kedua strategi yang diterapkan adalah layanan khusus pengguna APPLE seperti iTunes. Untuk segmen ketiga, strategi yang dapat diterapkan adalah pengembangan produk digital BYU dan M2M. Segmen keempat strategi yang dapat diterapkan adalah kolaborasi bundling dengan merek XIAOMI.

Subjek

MARKETING STRATEGY
 

Katalog

SEGMENTASI PELANGGAN PT. TELEKOMUNIKASI SELULER INDONESIA MENGGUNAKAN CLUSTERING ALGORITMA K-PROTOTYPES DAN METODE ELBOW SEBAGAI PERUMUSAN STRATEGI MARKETING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD SHOHIBUS SULTHONI
Perorangan
Rachmadita Andreswari, Faqih Hamami
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini