ABSTRAK
Akun @bukittinggiku adalah media sosial Instagram dalam menyampaikan informasi yang digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan informasi followers. Teori yang digunakan dalam penelitian menggunakan teori efektivitas dan teori kebutuhan informasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah followers akun Instagram @bukittinggiku dengan jumlah followers 201.000. peneliti menggunakan Teknik non-probabilty sampling dan mendapatkan jumlah sampel sebesar 100 orang. Hasil penelitian menunjukan adanya pengeruh signifikan antara efektivitas akun Instagram @bukittinggiku terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi diperoleh R squere sebesar 0,741. Hal ini menjelaskan bahwa besarnya pengaruh variabel efektivitas akun Instagram (X) terhadap Kebutuhan informasi (Y) adalah sebesar 54,90%. Sedangkan sisanya 45,10% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak dilakukan oleh peneliti di dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Efektivitas, Instagram, Kebutuhan, Informasi