PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA ( SERVICE QUALITY ) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( STUDI PADA PENGGUNA GAME ONLINE DI WARNET NEMESYS GAMING CENTER BANDUNG )

MUHAMMAD ALDINO BAMA ANUGRAH

Informasi Dasar

21.04.945
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak Jawa Barat merupakan provinsi yang mempunyai daya tarik pada game online yang cukup tinggi terutama pada tiga kota di Jawa Barat seperti Bandung, Bekasi dan Bogor. Banyaknya pemain game online membuka peluang bisnis warnet khusus untuk game online dimana banyak pengusaha warnet merubah bentuk bisnisnya menjadi bisnis Online Game Station atau Net Game. Makin populernya online game dikalangan anak muda, tentu menjadi peluang bisnis yang menggiurkan dan potensial. Persaingan antar warnet game online di area tempat Nemesys Gaming Center cukup tinggi sehingga menyebabkan penurunan konsumen dari tahun 2018- 2019. Penurunan tersebut berlaku baik pada konsumen regular, member, maupun paket. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan dari Nemesys Gaming Center dan tingkat kepuasan konsumen dari Nemesys Gaming Center serta untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Nemesys Gaming Center. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan menggunakan uji validitas serta reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan mempunyai hubungan secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen game online di Warnet Nemesys Gaming Center, ini artinya bahwa dengan semakin tingginya tingkat kualitas pelayanan dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Abstract West Java is a province that has a fairly high attractiveness in online games, especially in three cities in West Java such as Bandung, Bekasi and Bogor. The large number of online game players opens up cafe business opportunities specifically for online games where many internet cafe entrepreneurs change their business form to an Online Game Station or Net Game business. The increasing popularity of online games among young people, of course, is a lucrative and potential business opportunity. Competition between online gaming internet cafes in the area where the Nemesys Gaming Center is quite high has caused a decline in consumers from 2018-2019. This reduction applies to both regular consumers, members and packages. The purpose of this study was to determine the level of service quality from the Nemesys Gaming Center and the level of customer satisfaction from the Nemesys Gaming Center and to determine the effect of service quality on customer satisfaction at Nemesys Gaming Center. The research method used is quantitative methods using simple linear regression analysis with data collection techniques through questionnaires and using validity and reliability tests. The results showed that the variable service quality has a positive and significant relationship with online gaming consumer satisfaction at the Nemesys Gaming Center Internet Cafe, this means that the higher the level of service quality can increase customer satisfaction. Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction

Subjek

CUSTOMER SATISFACTION
 

Katalog

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA ( SERVICE QUALITY ) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( STUDI PADA PENGGUNA GAME ONLINE DI WARNET NEMESYS GAMING CENTER BANDUNG )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ALDINO BAMA ANUGRAH
Perorangan
INDIRA RACHMAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini