Abstrak
Jawa Barat merupakan provinsi yang mempunyai daya tarik pada game online yang cukup tinggi terutama
pada tiga kota di Jawa Barat seperti Bandung, Bekasi dan Bogor. Banyaknya pemain game online membuka
peluang bisnis warnet khusus untuk game online dimana banyak pengusaha warnet merubah bentuk bisnisnya
menjadi bisnis Online Game Station atau Net Game. Makin populernya online game dikalangan anak muda,
tentu menjadi peluang bisnis yang menggiurkan dan potensial. Persaingan antar warnet game online di area
tempat Nemesys Gaming Center cukup tinggi sehingga menyebabkan penurunan konsumen dari tahun 2018-
2019. Penurunan tersebut berlaku baik pada konsumen regular, member, maupun paket. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan dari Nemesys Gaming Center dan tingkat kepuasan
konsumen dari Nemesys Gaming Center serta untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan konsumen Nemesys Gaming Center. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif
menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan
menggunakan uji validitas serta reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan
mempunyai hubungan secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen game online di Warnet
Nemesys Gaming Center, ini artinya bahwa dengan semakin tingginya tingkat kualitas pelayanan dapat
meningkatkan kepuasan konsumen.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen,
Abstract
West Java is a province that has a fairly high attractiveness in online games, especially in three cities in West Java
such as Bandung, Bekasi and Bogor. The large number of online game players opens up cafe business
opportunities specifically for online games where many internet cafe entrepreneurs change their business form to
an Online Game Station or Net Game business. The increasing popularity of online games among young people, of
course, is a lucrative and potential business opportunity. Competition between online gaming internet cafes in the
area where the Nemesys Gaming Center is quite high has caused a decline in consumers from 2018-2019. This
reduction applies to both regular consumers, members and packages. The purpose of this study was to determine the
level of service quality from the Nemesys Gaming Center and the level of customer satisfaction from the Nemesys
Gaming Center and to determine the effect of service quality on customer satisfaction at Nemesys Gaming Center.
The research method used is quantitative methods using simple linear regression analysis with data collection
techniques through questionnaires and using validity and reliability tests. The results showed that the variable
service quality has a positive and significant relationship with online gaming consumer satisfaction at the Nemesys
Gaming Center Internet Cafe, this means that the higher the level of service quality can increase customer
satisfaction.
Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction