PERANCANGAN DAN EVALUASI VISUALISASI INFORMASI INTERAKTIF DATA MULTIDIMENSIONAL PADA SECTION FOOD DENGAN DIAGRAM SANKEY (STUDI KASUS HAVAS WORLDWIDE JAKARTA)

NI MADE GITA PARAMITHA

Informasi Dasar

21.04.1392
005.118
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan informasi saat ini sangatlah pesat. Hal ini dapat dilihat dari penayangan iklan di Indonesia yang merupakan salah satu cara penyebaran informasi. Perusahaan Havas Worldwide Jakarta merupakan perusahaan advertising agency yang berkantor di Jakarta Selatan. Perusahaan Havas Worldwide ini telah banyak menayangkan iklan dengan beragam jenis iklan yang ditayangkan. Banyaknya iklan yang telah ditayangkan setiap harinya tentu saja menyebabkan banyaknya data iklan yang ada. Pada bagian media planning di perusahaan Havas Worldwide ini melakukan pemilahan data iklan yang nantinya akan digunakan dalam memberikan insight kepada client yang akan menayangkan iklan baru ataupun untuk keperluan budgeting yang harus dikeluarkan. Untuk melakukan pemilahan data tersebut perusahan Havas Worldwide masih mengerjakannya dengan manual. Hal ini membuat pekerjaan yang dilakukan oleh bagian media planning Havas Worldwide sedikit lebih lama. Perancangan dashboard visualisasi data multidimensional merupakan solusi yang ditawarkan. Dashboard ini bisa digunakan oleh admin untuk memproses data yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk visualisasi alur persebaran pengeluaran biaya periklanan. Selain itu, pada dashboard ini juga dapat ditampilkan kepada user atau client perusahaan Havas Worldwide. Sesuai dengan tujuan untuk menampilkan alur persebaran pengeluaran biaya periklanan, visualisasi yang ditampilkan menggunakan diagram sankey. Diagram sankey merupakan diagram aliran yang akan menunjukkan aliran dari satu set nilai ke set nilai lainya. Perancangan dashboard menggunakan metode ETL pada proses transformasi data dan Highchart Javasript sebagai Library. Pengimplementasian metode ini juga mudah dilakukan untuk membangun dashboard karena penelitian ini bukan penelitian ataupun proyek besar. Dashboard ini diharapkan dapat mempermudah pekerjaan bagian media planning perusahan Havas Worldwide untuk memilah data dan dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan pengeluaran biaya periklanan.

Kata kunci : Periklanan, Havas Worldwide, data multidimensional, ETL, visualisasi, sankey diagram

Subjek

VISUAL PROGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN EVALUASI VISUALISASI INFORMASI INTERAKTIF DATA MULTIDIMENSIONAL PADA SECTION FOOD DENGAN DIAGRAM SANKEY (STUDI KASUS HAVAS WORLDWIDE JAKARTA)
 
xiii, 85p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NI MADE GITA PARAMITHA
Perorangan
Irfan Darmawan, Alvi Syahrina
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini