Pada awalnya media sosial Instagram hanya digunakan penggunanya untuk
membagikan foto dan video, namun seiring berjalannya waktu pemanfaatan Instagram
terus berkembang salah satunya menjadi media pertukaran informasi yang dinilai
efektif. Dengan kehadiran Instagam di tengah-tengah masyarakat, kini tidak perlu lagi
menunggu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk suatu informasi melalui televisi,
koran (surat kabar), atau bahkan membuka portal berita secara online. Akun instagram
@soalpalu merupakan salahsatu yang memanfaatkan hal tersebut yakni membagikan
berbagai informasi mengenai Kota Palu. Pada penelitian ini peniliti menjadikan
masyarakat Kota Palu sebagai populasi melalui pengikut Instagram @soalpalu, lalu
diambil sampel sebanyak 100 orang menggunakan teknik non probability sampling
dengan menggunakan metode sampling incidental. Tujuan penelitian ini dilakukan
untuk menjelaskan seberapa efektif penggunaan akun Instagram @soalpalu terhadap
kebutuhan informasi masyarakat Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk menentukan
beberapa hipotesis yang akan diuji. Metode survey yang digunakan adalah dengan
menyebarkan link kuesioner kepada masyarakat Kota Palu yang mengikuti akun
Instagram @soalpalu melalui instastory. Penelitian ini menyimpulkan adanya
efektivitas akun @soalpalu sebesar 65,4% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi
masyarakat Kota Palu.
Kata Kunci: Efeketivitas, Instagram, Kebutuhan Informasi.