PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)

JESSICA OLIVIA

Informasi Dasar

21.04.1771
658.151 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan dijadikan fokus utama dalam pengambilan keputusan oleh investor untuk melakukan invesatasi pada suatu perusahaan. Untuk dapat menarik minat investor, perusahaan mengharapkan manajer keuangan akan melakukan tindakan terbaik bagi perusahaan dengan memaksimalkan nilai perusahaan sehingga kemakmuran pemegang saham dapat tercapai. Dengan baiknya nilai perusahaan maka perusahaan akan dipandang baik oleh para calon investor. Dalam penelitian ini variabel independen adalah kepemilikan manajerial, tanggung jawab sosial perusahaan, dan umur perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kepemilikan manajerial, tanggung jawab sosial perusahaan, dan umur perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017 secara simultan dan parsial. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh 57 perusahaan dengan periode penelitian selama 3 tahun sehingga didapat 135 observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif menggunakan perhitungan statistik deskriptif dengan metode analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews 9.0. Berdasarkan hasil pengujian yang diperoleh dari penelitian ini, secara simultan menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, tanggung jawab sosial perusahaan, dan umur perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan dan umur perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan peneliti selanjutnya untuk menggunakan variabel lain yang tidak ada di dalam penelitian ini. Bagi manajemen perusahaan disarankan agar mempertimbangkan untuk meningkatkan keputusan investasi dan menurunkan keputusan pendanaan guna meningkatkan nilai perusahaan.

Kata Kunci: Nilai Perusahaan; Kepemilikan Manajerial; Tanggung Jawab Sosial Perusahaan; Umur Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JESSICA OLIVIA
Perorangan
Mohamad Rafki Nazar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini