PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PADA SOOPER BARBERSHOP DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT

GINALDI FARHAN HAFIZ

Informasi Dasar

21.04.1858
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sooper Barbershop merupakan usaha dibidang jasa yang berlokasi di Jl. Moch Toha No.157 Kota Bandung. Berdiri sejak tanggal 5 April 2019, Sooper Barbershop memiliki slogan “Goodbye bad, hair” yang berarti bahwa setiap konsumen yang datang ke Sooper Barbershop akan mendapatkan pelayanan dan hasil potongan rambut yang maksimal. Namun, saat ini Sooper Barbershop tidak stabil dalam jumlah konsumen yang datang, bahkan cenderung memiliki jumlah konsumen yang sedikit pada setiap bulannya dan juga didukung banyaknya feedback konsumen berupa keluhan serta hasil wawancara pendahuluan yaitu terdapat 4 poin mayoritas yang menjadi keluhan konsumen terhadap Sooper Barbershop. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik teknis berdasarkan customer needs serta critical part yang didapatkan untuk kemudian dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas Sooper Barbershop dalam memenuhi kepuasan konsumen dan menentukan rekomendasi perbaikan kualitas pelayanan dan fasilitas pada Sooper Barbershop yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quality function deployment (QFD) yang merupakan sebuah proses terorganisir yang dapat mengetahui kebutuhan konsumen dan menerjemahkan kebutuhan tersebut menjadi spesifikasi teknis yang relevan. Metode ini juga digunakan dalam perbaikan dan pengembangan produk. Maka Metode Quality function deployment (QFD) digunakan dalam penelitian ini, karena dapat menganalisis kebutuhan konsumen dan juga sebagai alat ukur perbaikan bagi perusahaan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. Pada tahap QFD iterasi satu didapatkan 10 karakteristik teknis dari 20 karakteristik teknis yang menjadi prioritas perbaikan dan pengembangan pelayanan dan fasilitas. Sedangkan pada QFD iterasi dua, didapatkan 16 critical part dari 19 critical part yang dijadikan prioritas perbaikan dan pengembangan. Dari kedua tahap tersebut, masing-masing target kemudian diterjemahkan dalam rekomendasi perbaikan dan pengembangan fasilitas dan pelayanan pada Sooper Barbershop.

Kata Kunci : Barbershop , customer needs, House Of Quality, Part Deployment, Quality function deployment.

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PADA SOOPER BARBERSHOP DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GINALDI FARHAN HAFIZ
Perorangan
BUDI PRAPTONO, MARIA DELLAROSAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini