Di Indonesia saat ini banyak sekali perusahaan yang berusaha untuk
mengembangkan usahanya dalam hal ini perusahaan dapat mengembangkan
usahanya dengan cara melakukan suatu ekspansi usaha. Ekspansi atau juga
perluasan suatu modal dalam hal ini perluasan suatu modal perusahaaan dapat
dilakukan salah satunya dengan menjual saham perusahaan ke pasar modal akan
tetapi terkadang dalam melakukan penawaran saham ini terdapat suatu fenomena
yang dinamakan underpricing fenomena ini merupakan suatu kejadian yang
terjadi apabila harga saham di suatu pasar perdana lebih kecil atau rendah
dibandingkan dengan suatu harga di pasar sekunder. Jika suatu fenomena tersebut
terjadi maka terdapat pihak yang diuntungkan dan juga pihak yang dirugikan.di
Indonesia sendiri terdapat peningkatan perusahaan yang mengalami underpricing
setiap tahunnya walaupun terjadi penurunan di tahun 2019 tapi penurunan tersebut
tidak signifikan.
Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh
secara simultan maupun parsial faktor faktor seperti umur perusahaan,ukuran
perusahaan,return on asset,financial leverage,earning per share dan current ratio
terhadap tingkat underpricing pada saat Initial Public Offering (IPO) di Bursa
Efek Indonesia periode 2018-2019.
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang melakukan IPO di BEI
periode 2018- 2019 menggunakan metode data yang digunakan yaitu purposive
sampling yaitu suatu penelitian berupa pengambilan sampel yang didasarkan pada
suatu anggota yang memenuhi suatu kriteria tertentu terdapat 82 perusahaan
sampel yang digunakan dan metode yang digunakan adalah analisis regresi liniear
berganda dengan menggunakan software SPSS.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa umur perusahaan,ukuran
perusahaan,return on asset,financial leverage,earning per share dan current ratio
berpengaruh secara simultan terhadap tingkat underpricing. Sedangkan secara
parsial ukuran perusahaan dan earning per share berpengaruh negatif terhadap
tingkat underpricing. umur perusahaan,return on asset,financial leverage dan
current ratio tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing dalam penelitian
ini.
Saran untuk penelitian selanjutnya menambahkan penelitian dengan tahun
terbaru dan menggunakan variabel lainnya dan variabel yang tidak memiliki
pengaruh dalam penelitian ini.
Kata kunci : Underpricing, umur perusahaan, ukuran perusahaan, return on asset,
financial leverage, earning per share,current ratio.