ANALISIS MINAT PENGGUNA LAYANAN M-BANKING LIVIN' BY MANDIRI DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL MODIFIKASI UTAUT 2

ARGANI ARIEF SANTOSO

Informasi Dasar

429 kali
21.04.2269
658.8342
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Segala aspek dalam kehidupan terpengaruh oleh adanya perkembangan teknologi tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa semakin berkembangnya teknologi akan mempermudah segala aktivitas kehidupan manusia. Livin’ by Mandiri merupakan layanan aplikasi Mobile Banking yang dinaungi oleh PT. Bank Mandiri (Persero), yang berfokus pada pembuatan layanan perbankan dalam berbagai transasksi keuangan. Hingga saat ini, Livin’ by Mandiri memilki 7,1 juta jumlah pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat perilaku konsumen dengan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) yang sudah dimodifikasi. Faktor-faktor ini terdiri dari Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Hedonic Motivation, Price Saving Orientation, Habit dan Trust sebagai variabel utama serta Age dan Gender sebagai variabel moderator. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan persepsi pengguna terhadap variabel dan meneliti hubungan sebab akibat antarara variabel berdasarkan hipotesis yang terdapat pada penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner online melalui Google Form. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 400 responden yang berdomisili di Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS 3.2.9. Hasil Penelitian menunjukan bahwa ada empat faktor dalam model modifikasi UTAUT 2 yang mempengaruhi minat perilaku (Behavioral Intention) dalam penggunaan layanan M-Banking Livin’ by Mandiri. Faktor-faktor dari pengaruh tertinggi hingga terendah berturut-turut berdasarkan path coefficient adalah Social Influence, Trust, Habit, dan Hedonic Motivation. Dalam faktor moderasi, Age dan Gender tidak memoderasi pengaruh faktor Behavioral Intention. Model ini dapat digunakan oleh perusahaan Mandiri sebagai penyedia layanan M-Banking Livin’ by Mandiri untuk dapat membuat keputusan untuk mempertahankan minat pengguna untuk dapat terus menggunakan layanan M-Banking Livin’ by Mandiri dengan memperhatikan faktor-faktor yang dipengaruhi oleh indikatornya. Selain itu, model modifikasi UTAUT dalam penelitian ini memiliki kekuatan penjelasan yang kuat baik perhitungan dalam faktor Behavioral Intention (61,69%) yang termasuk dalam kategori “Large Godness of Fit”, sehingga untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai acuan dengan melakukan penelitian di bidang Mobile Banking dengan objek yang berbeda.

Kata Kunci: Modifikasi UTAUT 2, Mobile Banking, Structural Equation Modeling (SEM)

Subjek

CONSUMER BEHAVIOUR
 

Katalog

ANALISIS MINAT PENGGUNA LAYANAN M-BANKING LIVIN' BY MANDIRI DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL MODIFIKASI UTAUT 2
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARGANI ARIEF SANTOSO
Perorangan
Indira Rachmawati,
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini