Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh social media marketing terhadap
keputusan pembelian online pada shopee Indonesia. Tujuan dilakukannya penelitian
ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana social media marketing
dapat berpengaruh secara signifikan atau tidak terhadap keputusan pembelian online
yang dilakukan konsumen shopee Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausalitas. Pengambilan sampel
dilakukan dengan metode non-probality sampling. Pengumpulan data diperoleh
dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online melalui link google form
kepada 400 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa social
media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian,
hal ini didapatkan dan diperoleh t-hitung sebesar (16,477) > t-tabel (1,960) dan
signifikansi (0,000 < 0.05), Hasil pengolahan data dan analisis data berdasarkan
koefisien determinasi menunjukan bahwa Social Media Marketing (X) memberikan
kontribusi pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 40,5%. Sedangkan
sisanya 59,5 % dipengaruhi oleh berbagai faktor lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.
Kata kunci : Social Media Marketing, Keputusan Pembelian, Shopee Indonesia