Pada saat ini dari 175,4 juta pengguna internet di Indonesia, sekitar 79% di
antaranya telah menggunakan Instagram. Saat ini penggunaan media sosial
instagram sebagai alat pemasaran sangat mudah dan banyak digunakan oleh
pebisnis untuk memasarkan produk dan jasa mereka. Pada Instagram konsumen
terlibat langsung dengan brand atau perusahaan melalui pesan yang diberikan
menggunakan content.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis content merketing di laman
akun Instagram PT Quantum Creative Pro dengan melalui 5 dimensi yaitu reader
cognition, sharing motivation, persuasion, decision making, dan factors. Metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan deskriptif dengan
menggunakan teknik sampling non probability penulis berhasil mengumpulan data
melalui penyebaran kuesioner dan mendapatkan responden sebanyak 97 responden.
Hasil dari penelitian content marketing pada akun Instagram PT Quantum
Creative Pro ini menunjukan melalui 5 dimensi penilaian yaitu reader cognition
mendapatkan hasil 82,98%, sharing motivation 80,54%, persuasion 78,78%,
decision making 79,22%, dan factor 77,19%. Ketika dilihat dengan menggunakan
garis kontinum kategori reader cognition mendapatkan hasil sangat baik, sharing
motivation, persuasion, decision making, dan factor mendapatkan hasil baik.