Iklan series Marjan bermula pada tahun 2010 dengan menghadirkan
cerita bersambung hingga tahun 2021. Iklan marjan kerap ditayangkan pada
media Televisi maupun Youtube sebagai pengingat masyarakat bahwa bulan
suci Ramadhan semakin dekat, serta tak lupa pada setiap iklan tersebut
kerap menyisipkan nilai nilai kehidupan yang memiliki arti. Dari langkah
tersebut peneliti tertarik ingin meneliti nilai – nilai pesan moral apakah yang
ditampilkan dalam Iklan Marjan series periode 2010 – 2021 serta
bagaimanakah daya tarik pesan iklan yang ditampilkan pada Iklan Marjan
series periode 2010 – 2021. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan
metode Analisis isi kualitatif dengan pendekatan konstruktivis. Hasilnya
ditemukan bahwa sebanyak 12 video dari 12 video tersebut didominasi
kepada unsur pesan moral kreatif dan bersahabat dengan total perolehan
poin sebanyak 121 poin. Kemudian ditemukan hasil 23 poin yang
mendominasi pada daya tarik pesan rasional. Tujuan pihak marjan
menampilkan unsur pesan moral kreatif dan bersahabat pada setiap Iklan
Marjan series periode 2010 – 2021 ialah sebagai bahan ajaran kepada
audience agar selalu berkreatif dalam berkarya serta menjujung tinggi nilai
persahabatan dalam kehidupan sehari – hari. Kemudian pada daya tarik
rational, pihak marjan ingin memberikan informasi bahwa produknya dapat
mendukung global warming dengan cara mendaur ulang produk –
produknya sebagai bahan yang berguna bagi kehidupang sehari – hari serta
pihak marjan ingin memberikan kedamaian serta kebersamaan saat
menikmati sirup marjan.
Kata Kunci: Analisis isi kualitatif, iklan pesan moral, daya tarik pesan,
Marjan