Starbucks Coffee merupakan salah satu perusahaan yang mempraktikan strategi green
marketing. Green Marketing starbucks dikembangkan karena dedikasi organisasi pada
pembuangan limbah yang tepat serta pemakaian material. Meningkatnya konsumsi kopi
nasional menyebabkan banyaknya merek kedai kopi yang beredar di pasaran tentunya
memberikan alternatif-alternatif praktik berbelanja yang akan dilakukan oleh pelanggan.
Konsumen bukan hanya memandang suatu produk dari segi kualitas, merek, dan harga.
Namun, konsumen juga melihat produk yang melekat pada produk dari service quality.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari green marketing,
service quality, customer satisfaction terhadap loyalitas pelanggan melalui customer
safisfaction sebagai variable intervening.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif dan kausalitas serta metode analisis SEM-PLS. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan yaitu teknik nonprobability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 385
pelanggan Starbucks Coffee pada Kota Surabaya.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Green marketing berpengaruh positif
signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui customer satisfaction sebagai variabel
intervening pada pelanggan Starbucks Coffee di Kota Surabaya sebesar 34,3% dengan
intervensi mencapai 51,7%. Service quality berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas
pelanggan melalui customer satisfaction sebagai variabel intervening pada pelanggan
Starbucks Coffee pada Kota Surabaya sebesar 23,9% dengan intervensi mencapai 62,5%.
Kata Kunci: Green Marketing, Service Quality, Loyalitas Pelanggan, Customer
Satisfaction