Ide bisnis di indonesia kian bertambah, terutama ketertarikan minat generasi muda yang banyak memilih ingin berkecimpung di dunia enterpreneur. Banyak bisnis online besar yang telah berkembang pesat di indonesia seperti shoppe, traveloka, dan lainnya. Mayoritas semua adalah e-Marketplace umum yang menyediakan banyak menyajikan kategori produk di dalamnya. Hal tersebut pun memicu adanya e-Marketplace yang bergerak di bidang khusus seperti zalora yang bergerak di bidang fashion dan sociolla di bidang kosmetik.
Berdasarkan hal tersebut penulis dan tim membuat ide bisnis terkait e-Marketplace khusus yang bergerak di bidang jasa illustrator/desainer dalam produk digital. Dibangun dari tiga sisi, yaitu illustrator/desainer sebagai penjual jasa, penikmat seni atau jasa produk digital, dan admin e-Marketplace. Perancangan aplikasi ini berfokus pada pengguna admin pengelola e-Marketplace yang berperan sebagai pengguna utama aplikasi. Dalam perancangan desain menggunakan metode Goal-Directed Design. Metode ini berpusat pada penggunanya dan cocok digunakan pada saat sudah diketahui siapa pengguna utama aplikasinya.
Hasil dari penelitian ini adalah perancangan prototype yang kemudian diimplementasikan ke tahap tampilan front-end. Hasil perancangan di uji dengan usability testing dan fungsionalitas hasil front-end diuji menggunakan black box testing, sehingga dapat diketahui bahwa sistem secara keseluruhan dapat berjalan optimal sebagaimana yang diharapkan sesuai kebutuhan pengguna aplikasi.
Kata kunci — dashboard admin, e-Marketplace, goal-directed design, usability testing, black box testing.