PT.SEI adalah perusahaan yang bergerak di bidang pemanfaatan energi terbarukan yaitu energi surya. Wilayah Indonesia yang luas dan memiliki beragam kondisi menjadi perhatian PT. SEI untuk peningkatan penggunaan renewable e nergy di wilayah yang memiliki keterbatasan kemampuan pasokan listrik dari energi fosil. Dengan adanya dukungan pemerintah melalui Peraturan Menteri No. 13 Tahun 2019,pemanfaatan energi matahari tidak hanya di daerah terpencil tet api juga diperkotaan. Peraturan menteri ini juga membuat semakin banyak per usahaan penyedia PLTS berdiri, sehingga membuat persaingan semakin ketat.
Dari hasil kuisioner Kepuasan Pelanggan yang pernah dibuat oleh PT. Surya Energi Indotama, dapat disimpulkan bahwa ada ketidakpuasan terhadap kemudahan mendapatkan informasi, ketepatan waktudan penanganan keluhan bahkan ada beberapa catatan dari responden terkait dengan perlunya peningkatan manajemen lapangan dan koordinasi team projek, tingkatkan layanan terutama kepastian delivery time, Komunikasi antara team survey dan team projek tidak sinkron.
Penelitian/ Riset ini dilakukan guna mengukur Pengaruh Kualitas Pelaya nan terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Surya Energi Indotama. Penelitian ini merupakan studi deskriptif serta kausal dan metode pengolahan data menggunakan analisa regresi linier berganda. Ada lima variabel Kualitas layanan yaitu bukti fisik( X1), empathi ( X2), kehandalan( X3), daya tanggap( X4), assurance( X5), serta satu variabel kepuasan konsumen ( Y)
Dari hasil kuisioner dan pengolahan data regresi linier berganda ,dapat disimpulkan jika variabel Kehandalan berpengaruh positif serta signifikan pada kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi( P Value) sebesar 0, 010 < 0, 05. Variable Jaminan( Assurance) berpengaruh positifqdan signifikan terhadap kepu asan konsumen dengan nilai signifikansi( P Value) sebesar 0, 000 < 0, 05. Bukti fisik( Tangible) berpengaruh positifqnamun tidak signifikan kepada kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi( P Value) sebesar 0,603 > 0,05. Empati tidak berpengaruh kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi( P Value) sebesar 0, 436>0,05. Untuk Daya tanggap berpengaruh positifqserta tidak signifikan kepada kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi( P Value) sebesar 0,384>0,05. Se cara simultan Bukti langsung, kehandalan, jaminan, daya tanggap serta empati
berpengaruh signifikan kepada kepuasan pelanggan dengan F jumlah sebesar 32, 536 dengan nilai signifikansi( P Value) sebesar 0,000<0,05.
Kata Kunci: Kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan, tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty.