FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CALON WIRAUSAHA DALAM MENENTUKAN MARKETPLACE UNTUK BERBISNIS: STUDI PADA MAHASISWA MBTI UNIVERSITAS TELKOM

SINTYAS DITA PURNAMA

Informasi Dasar

79 kali
21.04.4559
330
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan teknologi dan internet berdampak pada perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia. Pada periode 2018-2023 pengguna internet di Indonesia diprediksi akan semakin meningkat dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 10,2%. Dengan adanya marketplace, penjual dapat menciptakan peluang lebih besar untuk mendapatkan penjualan. Dalam melakukan pemasaran produk tentu diperlukan pemilihan marketplace yang tepat. Dalam menentukan penggunaan marketplace terdapat faktor-faktor yang menjadi penentu dipilihnya suatu marketplace. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui marketplace apa yang paling diminati, serta untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi calon wirausaha dalam menentukan marketplace.Metode pada yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah berdasarkan jumlah kelas dengan terdapat 13 kelas dan diambil masing-masing 20 mahasiswa yaitu sebanyak 260 responden. Namun dalam penelitian ini menggunakan 285 responden agar dapat memenuhi jumlah minimal responden apabila terdapat data yang tidak sesuai. Pada penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis dan Correspondence Analysis. Hasil penelitian menunjukan Tokopedia dan Shopee merupakan marketplace yang paling diminati, karena memiliki jumlah indikator yang berada dalam kuadran yang sama dengan kuadran indikator tersebut, dibandingkan dengan marketplace lainnya. Hal ini sesuai dengan jumlah jumlah indikator yang berada dalam kuadran yang sama dengan kuadran indikator tersebut yaitu Tokopedia (12 indikator), Shopee (12 indikator), Lazada (8 indikator), Bukalapak (8 indikator), dan OLX (5 indikator). Pada hasil penelitian juga menunjukan indikator yang berada pada kuadran 1 menunjukan faktor apa yang mempengaruhi konsumen dalam memilih marketplace, yaitu Indikator 9 (TE3), Indikator 11 (P2), Indikator 15 (PO2), Indikator 17 (PR2), Indikator 19 (PR4), Indikator 20 (S1), Indikator 21 (S2), dan Indikator 29 (PC2) Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan metode lain untuk mengidentifikasi kelemahan, kelebihan, peluang, dan ancaman untuk dapat mengidentifikasi lebih detail sebagai marketplace yang dipilih oleh calon wirausaha, serta penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel dan indikator lain, misalkan dari variabel product uniqueness.

Kata kunci: Marketplace; Importance Performance Analysis; Correspondence Analysis.

Subjek

1 ECONOMICS
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CALON WIRAUSAHA DALAM MENENTUKAN MARKETPLACE UNTUK BERBISNIS: STUDI PADA MAHASISWA MBTI UNIVERSITAS TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SINTYAS DITA PURNAMA
Perorangan
Jurry Hatammimi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 MBTI
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini