PERANCANGAN PERBAIKAN POSITIONING SAINT BARKLEY BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING

BOBBY HIMAWAN

Informasi Dasar

9 kali
21.04.4574
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan zaman yang tiada hentinya telah mentransformasi fashion menjadi sebuah representasi dari status sosial ekonomi seseorang. Saint Barkley merupakan sebuah brand lokal Indonesia yang bergerak di industri fashion khususnya sepatu casual dan skatewear yang berdiri sejak tahun 2012 di Kota Bandung. Saint Barkley saat ini sedang mengalami beberapa permasalahan, yaitu antara lain rendahnya market share diantara brand pesaingnya, terdapat brand switching dari pelanggan Saint Barkley ke brand lain, dan rendahnya brand awareness konsumen terhadap Saint Barkley. Berdasarkan kondisi-kondisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Saint Barkley memiliki permasalahan terkait positioning karena lemahnya citra brand Saint Barkley di benak konsumen. Untuk dapat menang dalam suatu persaingan diperlukan perancangan strategi positioning yang tepat serta menciptakan keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli sepatu lokal, memperlihatkan positioning Saint Barkley dengan pesaingnya berdasarkan perceptual mapping menggunakan multidimensional scaling, serta melakukan perancangan sistem terintegrasi dan positioning untuk perbaikan Saint Barkley. Pada penelitian ini atribut yang digunakan adalah desain produk, kualitas bahan, popularitas brand, citra brand, nilai estetika, variasi warna, variasi jenis produk, kualitas jahitan, harga dan daya tahan produk. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan Snowball Sampling di Bandung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 120 responden yang merupakan konsumen dari tujuh brand sepatu lokal. Berdasarkan hasil perceptual mapping didapatkan ada 3 wilayah persaingan, dimana brand Saint Barkley berada satu wilayah dan bersaing langsung dengan brand Patrobas. Hasil penelitian ini adalah perbaikan atribut popularitas brand, desain produk, kualitas bahan, variasi warna, dan variasi jenis produk.

Kata Kunci: Saint Barkley, Positioning, Perceptual Mapping, Multidimensional Scaling, Atribut, Sepatu Lokal.

Subjek

ENGINEERING - MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN PERBAIKAN POSITIONING SAINT BARKLEY BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BOBBY HIMAWAN
Perorangan
Husni Amani, Ima Normalia Kusmayanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini