ANALISIS PENGARUH BRAND VALUE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI BRAND IMAGE PADA H&M

ATIKA OKTAVIONIKA PUTRI

Informasi Dasar

279 kali
22.04.223
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan fashion yang semakin meningkat. Hal ini terjadi karena semakin ketatnya persaingan dunia fashion serta berkembannya zaman yang mempengaruhi selera konsumen dalam memilih barang atau jasa yang sesuai keinginan dan kebutuhannya. Salah satu fashion brand yang semakin berkembang di kalangan masyarakat Indonesia adalah H&M. Brand value H&M mengalami penurunan beberapa tahun terakhir yang berdampak pada brand image H&M sehingga mempengaruhi kepuasan pelanggan karena konsumen yang telah membeli produk H&M kurang merekomendasikan brand H&M kepada orang lain. Hal tersebut disebabkan karena konsumen tidak puas dengan produk yang di dapat. Hal ini juga mempengaruhi keputusan pembelian yang di akibatkan oleh ekspektasi pelanggan yang tidak terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh; (1) brand value terhadap keputusan pembelian, (2) brand value terhadap brand image, (3) brand value terhadap kepuasan pelanggan, (4) brand image terhadap keputusan pembelian, (5) brand image terhadap kepuasan pelanggan, dan (6) keputusan pembelian terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah membeli produk H&M. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 422 responden. Untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah menggunakan software Lisrel 8.8. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa; (1) brand value tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) brand value tidak berpengaruh signifikan terhadap brand image, (3) brand value berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (4) brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (5) brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan (6) keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Saran yang dapat di berikan kepada perusahaan yakni untuk meningkatkan brand value dan brand image yang dimilikinya untuk menjadi merek terbaik di dunia fashion agar para pelanggan terjaga dan merasa puas dengan apa yang mereka dapatkan. Selain itu, disarankan bagi peneliti selanjutnya menggunakan variabel lain seperti kualitas produk.

Subjek

MARKETING
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH BRAND VALUE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI BRAND IMAGE PADA H&M
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ATIKA OKTAVIONIKA PUTRI
Perorangan
ACHMAD MANSHUR ALI SUYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini