Industri memiliki peran penting dalam pengembangan dan peningkatan
ekonomi serta kesejahteraan masyarakat. Sebagai entitas ekonomi, perusahaan
memiliki tujuan untuk mendapatkan laba yang optimal sebagai keberlangsungan
perusahaan. Tidak hanya itu, perusahaan juga dituntut untuk memiliki kepedulian
terhadap kelestarian lingkungan. Hal ini dikarenakan secara tidak langsung maupun
langsung kegiatan operasional perusahaan akan berinteraksi dengan
lingkungannya. Untuk itu, perusahaan perlu mengungkapan aspek sosial nya
melalu aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) agar keberlangsungan
perusahaan dapat terjamin.
Dengan diungkapkannya aspek sosial perusahaan, maka masyarakat akan
memberi respon terhadap perusahaan. Respon masyarakat ini akan berpengaruh
terhadap keberlangsungan perusahaan. Khususnya terhadap kinerja keuangan
perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan
perusahaan yang diproksikan dengan rasio Return on Asset (ROA), Return on
Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan subsektor makanan
dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2015-2019.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan subsektor
makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019. Teknik pemilihan
sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sebanyak 11 sampel
perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapatkan dari
laporan tahunan pada masing-masing website perusahaan. Metode pada penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data diolah
dengan menggunakan analisis regresi data panel melalui aplikasi Eviews.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social
responsibility tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan
yang diproksikan dengan rasio ROA, ROE dan NPM pada perusahaan subsektor
makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2015-2019. Dengan demikian
Peneliti selanjutnya dapat menambahkan populasi dan variabel penelitian untuk
memperluas pengetahuan mengenai pengaruh pengungkapan CSR.
Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Kinerja Keuangan, ROA, ROE dan
NPM