Tingginya pertumbuhan UMKM di Indonesia khususnya Bandung Jawa
Barat khususnya UMKM kategori makanan mengakibatkan tingginya persaingan
antara UMKM. Selain itu tingginya peluang yang diberikan pemerintah melalui
modal atau dana yang diberikan dan terget yang dibuat untuk beberapa tahun
kedepan guna perbaikan perekonomian, serta munculnya Covid-19 yang
menyebabkan semakin luasnya peluang munculnya UMKM baru mengakibatkan
semakin tingginya persaingan antara UMKM-UMKM yang sudah ada ataupun
yang baru saja dibentuk.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan seberapa besar kemampuan
digital platoform berpengaruh terhadap kinerja UMKM makanan di Kota
Bandung dan seberapa besar kemampuan jaringan berpengaruh terhadap kinerja
UMKM makanan di Kota Bandung.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan
penyebaran pertanyaan kuesioner melalui google form terhadap 339 responden.
Teknik analisis yang digunakan pada penlitian ini adalah analisis deskriptif dan
SEM PLS.
Adapaun hasil pada penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh
kemampuan digital platform terhadap kinerja UMKM dan terdapat pengaruh
kemampuan jaringan terhadap kinerja UMKM makanan di Kota Bandung,
Katakunci: UMKM, Kota Bandung, Regresi Linear Sederhana