PT. Pos Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang melayani seperti pengiriman surat
dan pekat kepada masyarakat yang dekat maupun jauh. Kemajuan teknologi di masa kini membuat fungsi kantor
pos yang pada mulaya melayani pengiriman surat menjadi pengiriman barang oleh perusahaan yang memerlukan
jasa kantor pos. belakunya aturan Undang-Undang Nomer 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik
mengakibatkan interaksi antara pegawai kantoran dan masyarakat menjadi lebih baik, karena undang-undang
tersebut menekankan kepada rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuia
dengan peraturan perundang-undangan untuk setiap warga negara dan masyarakat, maka manajemen
pelayanan yang berkualitas dari peningkatan sumber daya manusia (SDM) maupun kualitas pelayanan yang
di berikan. Perancangan kantor pos ini mencakup pada ruang yang berada di dalam bangunan. Mulai dari
ruang kerja untuk meningkatkan kinerja kerja karyawan agar memberikan pelayanan yang baik kepada
konsumen. Ruang publik untuk membuat nyaman para pengunjung yang akan betranstaksi. Pendekatan desain
yang akan diterapkan ke Kantor Pusat Pos Indonesia di Wonogiri adalah corporate identity. Corporate identity
merupakan identitas yang membedakan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, dan bisa juga
berfungsi sebagai penanaman citra atau image yang bisa menjadikan sebagai daya tarik. Metode yang
digunakan pada peraacangan ini berupa studi literatur, survei padaobjek sejenis, wawancara, studi preseden
dananalisis data.
Kata Kunci : Kantor pos, New Desain, Corporate Identity