PENGARUH DIGITAL LITERACY DAN DIGITAL CAPABILITY TERHADAP PERSONAL INNOVATIVENESS (Studi Kasus Pada PT. Tara Prima Megah)

RAYENDRA PRADANA

Informasi Dasar

22.04.1488
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Tara Prima Megah memiliki tujuan untuk dapat mengembangkan bisnis ke arah bisnis teknologi digital untuk dapat terus bersaing dengan kompetitor. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah karyawan PT. Tara Prima Megah dituntut untuk memiliki nilai personal innovativeness yang tinggi dan didukung oleh kemampuan digital literacy serta digital capability pada karyawan.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi digital literacy, digital capability, dan personal innovativeness pada karyawan PT. Tara Prima Megah dan bagaimana pengaruh antara digital literacy dan pengaruh digital capability terhadap personal innovativeness pada karyawan PT. Tara Prima Megah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode sampling non probability dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Kuesioner yang digunakan pada penelitian ini yaitu berisi 36 pernyataan dan dibuat dengan teknik skala likert lima titik. Pengujian pernyataan kuesioner dilakukan melalui face validity yang dilakukan melalui diskusi 9 orang yaitu 1 dosen pembimbing dan 8 rekan penulis. Kuesioner tersebut disebarkan kepada sampel yang berjumlah 65 responden. Responden yang terlibat dalam kuesioner adalah karyawan PT. Tara Prima Megah.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program komputer IBM SPSS Statistics versi 26 untuk menganalisis data yang telah diperoleh. Dalam pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan uji signifikasi parsial (Uji t).

Tingkat Digital Literacy karyawan PT. Tara Prima Megah tergolong dalam kategori baik dengan mendapatkan presentase sebesar 80.2% PT. Tara Prima Megah sudah memiliki kemampuan atau keterampilan yang cukup baik untuk menggunakan dan memahami informasi dari berbagai sumber digital yang disajikan melalui teknologi digital. Tingkat Digital Capability karyawan PT. Tara Prima Megah tergolong dalam kategori sangat baik dengan mendapatkan presentase sebesar 85.9%. Tingkat Personal Innovativeness karyawan PT. Tara Prima Megah tergolong dalam kategori baik dengan mendapatkan presentase sebesar 82.4%.

Saran yang dapat penulis berikan untuk variabel Digital Literacy adalah sebaiknya perusahaan memberikan edukasi dan pelatihan kepada karyawan dalam memahami pembelajaran melalui internet. Saran yang dapat penulis berikan pada variabel Digital Capability adalah sebaiknya perusahaan memberikan fasilitas dan suatu edukasi mengenai cara kerja dari teknologi digital. Edukasi tersebut dapat berupa seminar maupun pelatihan-pelatihan lainnya. Saran yang dapat penulis berikan pada variabel Personal Innovativeness adalah sebaiknya perusahaan lebih sering untuk mengadakan brainstorming.

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH DIGITAL LITERACY DAN DIGITAL CAPABILITY TERHADAP PERSONAL INNOVATIVENESS (Studi Kasus Pada PT. Tara Prima Megah)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAYENDRA PRADANA
Perorangan
Kiki Sudiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 MBTI
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini